Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Tingkatkan Pendapatan Nelayan, Sigit Wibowo Upayakan Pengadaan Kapal Tangkap

Upaya meningkatkan sektor pendapatan bagi nelayan di Kaltim, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mengupayakan pengadaan kapal tangkap untuk nelayan

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo bersama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim serta kelompok nelayan, membahas usulan pengadaan kapal tangkap untuk nelayan di wilayah Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Upaya meningkatkan sektor pendapatan bagi nelayan di Kaltim, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mengupayakan pengadaan kapal tangkap untuk nelayan di wilayah Balikpapan.

Hal ini disampaikannya usai melakukan koordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim serta Kelompok Nelayan Balikpapan, belum lama ini.

Sigit menjelaskan, saat melakukan reses atau serap aspirasi, banyak nelayan mengusulkan pengadaan kapal bagan tangkap.

Baca juga: Berharap Jadi Instrumen Utama Pendongkrak PAD, Sigit Wibowo Sosialisasikan Perda Pajak di Balikpapan

Mendengar usulan tersebut, Sigit -sapaan akrabnya- pun berkomitmen untuk membantu nelayan dengan memasukkan usulan tersebut ke dalam pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD Kaltim.

"Usulannya sekitar Rp 1,6 miliar. Kami mau bantu karena mereka (nelayan) konstituen. Makanya saya meminta kepada Dinas Perikanan Kaltim untuk melengkapi strukturnya, sehingga bantuan ini dapat segera direalisasikan," terang dia.

Adapun jenis kapal yang diusulkan para nelayan hanya kapal yang bertenaga 30 GT.

Pasalnya, kapal yang bertenaga di atas 30 GT, pengadaannya harus melalui pemerintah pusat.

Kapal ini pun ditujukan guna meningkatkan taraf ekonomi dan pendapatan nelayan.

Baca juga: DBH Kaltim Tahun 2022 Diperkirakan Turun, Seno Aji minta BPKAD Konsultasi ke Kementerian Keuangan

Namun yang menjadi kendala saat ini, disampaikan Sigit, teknis dalam proses pembuatan kapal.

Saat berkoordinasi, dirinya mengatakan bahwa Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim terkendala sumber daya tenaga teknisi perkapalan.

"Karena ini untuk kepentingan masyarakat Kaltim, saya sampaikan bahwa struktur dalam Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim ini harus segera dilengkapi, termasuk tenaga teknisnya. Kalau memang diperlukan buka lowongan penerimaan itu. Kita punya SMK Pelayaran dan Perkapalan dan banyak tenaga teknis yang bisa diberdayakan," jelas politikus PAN ini.

Sementara itu, menanggapi usulan nelayan, Aspiany selaku kabid Perizinan Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim mengakui, pihaknya sekarang ini belum memiliki tenaga teknis perkapalan.

Baca juga: Sutomo Jabir Temui Warga Gunung Tabur, Sosialisasikan Perda Bantuan Hukum di Berau

Kendati demikian, ia tetap mengupayakan usulan pembuatan kapal bisa diakomodasi pada APBD Kaltim tahun 2022.

"Kami dari bidang teknis sedapat mungkin diupayakan untuk membantu nelayan sesuai aturan yang ada di perikanan," ucapnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved