Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Pemkab Kutai Kartanegara Tetapkan 11 Desa Bersinar, Upaya Mencegah Peredaran Narkotika

Upaya mencegah peredaran narkotika di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Pemkab Kukar mencanangkan 11 Desa Bersih Narkoba atau Bersinar

TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kepala Kesbangpol Kukar yang juga selaku Sekretaris Badan Narkotika Kabupaten Kukar, Rinda Desianti. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Upaya mencegah peredaran narkotika di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Pemkab Kukar mencanangkan 11 Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

11 desa tersebut di antaranya yaitu Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang dan Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan.

Badan Narkotika Nasional Provinsi atau BNNP Kaltim yang mempunyai program ini.  Program ini diaplikasikan guna mengantisipasi dan mencegah maraknya peredaran narkotika di Kukar. Berbagai upaya P4GN tentunya dilakukan BNNP Kaltim.

Desa Bangun Rejo, Tenggarong Seberang, ditetapkan sebagai pilot project program Desa Bersinar

Lalu Desa Sumber Sari dan Loa Duri Ilir dijadikan percontohan Desa Bersinar.

Baca juga: Ketua BNNP Kaltim Brigjen Pol Wisnu Andayana Ini Bentuk Program Desa Bersinar di Kukar

Baca juga: 58 Desa di Kukar Rawan Peredaran Narkoba, Bangun Rejo Pilot Project Desa Bersinar

Baca juga: Pertama di Kaltim, Kukar akan Bentuk Desa Bersinar, Pemkab Rekomendasikan 3 Desa Berikut Ini

"Dua desa yang jadi role model atau percontohan Desa Bersinar, yakni Desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu dan Loa Duri ilir, Loa Janan," sebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, yang juga selaku Sekretaris Badan Narkotika Kabupaten Kukar, Rinda Desianti, Selasa (26/10/2021) hari ini.

Rinda Desianti juga menyampaikan saat ini telah ada beberapa desa yang masuk dalam kriteria Desa Bersinar.  Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan dan Desa Genting Tanah, Kecamatan Kembang Janggut. 

Lalu ada beberapa desa lainnya yang berada di Kecamatan Anggana, Samboja, Muara Badak, dan Marangkayu. "Kami berharap kedepan Desa Bersinar ini bisa diikuti oleh 194 desa dan 44 kelurahan di Kukar," kata dia.

Di tahun depan nanti, Rinda Desianti juga membeberkan bahwa akan bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan khususnya yang memberdayakan kaum perempuan. 

Baca juga: Seluruh Elemen Harus Partisipatif Berantas Narkoba, Wakil Bupati Dukung Terbentuknya Desa Bersinar 

Kerja sama dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang akan diharapkan dapat membantu mensosialisasikan dan memberikan edukasi terkait bahaya narkoba.

"Akan kita libatkan, paling tidak menjadi kader dalam menyampaikan edukasi bahaya narkoba serta pendidikan politik perempuan di desa maupun kelurahan," pungkas Rinda Desianti. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved