Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Pertama Kali Gunakan CAT, 53 Peserta Calon Anggota KPID Kaltim Tes Lanjutan

Sejumlah 53 peserta calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim periode 2022-2025 yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Peserta calon anggota KPID Kaltim periode 2022-2025 mengikuti tes lanjutan dengan sistem CAT di Gedung Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Senin (25/10/2021) kemarin. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejumlah 53 peserta calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim periode 2022-2025 yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi mengikuti tes lanjutan, Senin (25/10/2021).

Anggota Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPID Kaltim, Akbar Ciptanto yang juga hadir dalam pelaksanaan tes tersebut menyebut, tes diselenggarakan dengan dengan sistem computer assessment test (CAT).

"Pelaksanaan tes dengan sistem CAT kali ini merupakan pertama kalinya dalam penyelenggaraan tes bagi peserta calon anggota KPID Kaltim. Kita lakukan hal ini tujuannya demi adanya keterbukaan terkait hasil test," ungkap Akbar usai pelaksanaan tes tertulis di gedung Fakultas Hukum Universitas Mulawarman.

Baca juga: Hari Ini, 53 Orang Calon Anggota KPID Kaltim Ikuti Tes Tertulis

Terkait tes tersebut, Akbar menjelaskan, peserta lebih dulu diberikan penjelasan dan pelatihan singkat sebelum benar-benar menjalani tes CAT menjawab pertanyaan.

Soal yang diujikan dalam tes, menurut Akbar, terdiri dari 30 persen wawasan kebangsaan, 70 persen pengetahuan terkait penyiaran.

"Termasuk Undang-Undang Penyiaran dan hal-hal yang berkaitan dengan penyiaran terkini," sebutnya.

Ia menambahkan bahwa dengan sistem CAT, peserta sudah mengetahui jumlah nilai yang mereka raih usai menjawab semua pertanyaan dalam layar computer yang disediakan.

"Namun, kami tetap akan mengumumkannya sesegera mungkin. Kami akan melakukan proses pemeringkatan hasil tes lebih dulu. Untuk hasil tes akan diumumkan malam ini pukul 12. Sedangkan pengumuman di media cetak besok (hari ini, red)," ujar Akbar.

Baca juga: Tingkatkan Pendapatan Nelayan, Sigit Wibowo Upayakan Pengadaan Kapal Tangkap

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin menjelaskan, pada proses seleksi, masih ada tahapan-tahapan selanjutnya yang harus dilalui.

Para peserta akan melalui tes psikologi dan wawancara yang sepenuhnya menjadi kewenangan dari Timsel KPID Kaltim.

"Sedangkan untuk proses fit and proper test, akan langsung diambil alih Komisi I," ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, keberadaan KPID memiliki fungsi mengawasi seperti konten siaran, kemudian memberikan izin siaran dan memberikan edukasi siaran yang sehat.

"Apalagi di tengah terpaan media sosial yang begitu kencang, masyarakat selalu berpatokan kepada media mainstream untuk melakukan kroscek kebenaran informasi tersebut. Di sinilah peran KPID yang sesungguhnya," sebut Jahidin. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved