Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

BPD dan Perangkat Desa Se-Loa Janan Tingkatkan Kapasitas, Ikuti Pelatihan Optimalisasi Tupoksi

Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono membuka pelatihan optimalisasi tugas, fungsi, hak dan kewenangan bagi anggota Badan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Sekda Kukar H Sunggono saat membuka pelatihan optimalisasi tugas, fungsi, hak dan kewenangan bagi BPD dan perangkat desa yang diselenggarakan 23-26 Oktober 2021 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono membuka pelatihan optimalisasi tugas, fungsi, hak dan kewenangan bagi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan perangkat sesa se-Kecamatan Loa Janan di Swiss-Belhotel Samarinda, pekan tadi.

Kegiatan bertema "Optimalisasi Tugas, Fungsi, Hak Dan Kewenangan BPD Dalam Rangka Penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang Akuntabel, Efektif dan Efisien serta Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Dalam Rangka Pengelolaan Keuangan, Pengadaan Barang dan Jasa di Desa" itu dihadiri Camat Loa Janan Muhaji dan Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas PMD Kukar, Yusran Darma.

Baca juga: Level PPKM Turun, ASN Pemkab Kukar Kembali Apel Pagi

Ketua Penyelenggara Rony Priyanto dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini guna meningkatkan kapasitas perangkat desa dan perangkat kewilayahan dalam pengelolaan keuangan desa, dan untuk penguatan peran serta BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan optimalisasi ketertiban BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, guna terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang partisipatif.

"Kegiatan ini berjalan lancar sesuai jadwal yang telah diagendakan, yaitu 23-26 Oktober 2021," ujar Rony.

Sementara itu, Sekda Kukar H Sunggono saat menyampaikan arahan, berpesan agar para peserta mengikuti dengan sungguh-sungguh hingga kegiatan berakhir guna meningkatkan kapasitas dan fungsi sebagai perangkat desa dan anggota BPD.

Baca juga: Program Terang Kampongku, Sejumlah Desa di Kukar Nikmati Listrik 24 Jam

Sekda pun mengapresiasi kegiatan yang diikuti seluruh jajaran pemerintah desa, mengingat masih saja ditemukan beberapa desa yang berbeda pemahaman tentang bagaimana cara pengelolaan desa.

Berkenaan dengan itu, Sunggono berharap setelah mengikuti kegiatan tersebut, para perangkat desa dan BPD bisa menemukan kesepahaman tentang bagaimana cara pengelolaan desa. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved