Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Bupati Kukar Minta Persiapkan Pembinaan Menghadapi MTQ Tingkat Kaltim

Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ke-42 akhirnya sukses dilaksanakan

Penulis: Aris Joni | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Bupati Kukar Edi Damansyah saat sambutan pada penutupan MTQ Tingkat Kabupaten Kukar ke-42 di Muara Badak.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ke-42 akhirnya sukses dilaksanakan.

Bahkan, pada penutupan MTQ Kabupaten Kukar ke-42 malam tadi, Rabu (3/11/2021) trlaksana dengan meriah, walau dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dimana, Kecamatan Tenggarong meraih juara umum dengan poin 60, kemudian disusul Kecamatan Muara Badak dengan 59 poin, Kecamatan Loa Janan 59 poin, Kecamatan Tenggarong Seberang 35 poin, Kecamatan Muara Jawa 30 poin, Kecamatan Loa Kulu 25 poin, Kecamatan Anggana 25 poin, Kecamatan Muara Muntai 24 poin, Kecamatan Muara Wis 22 poin, dan Kecamatan Samboja 21 poin.

Sementara, untuk pelaksanaan MTQ ke-43 pada tahun depan akan diselenggarakan di Kecamatan Loa Kulu.

Baca juga: Launching Bangun Rejo Jadi Desa Bersinar, Upaya Pemkab Kukar Perangi Narkoba

Baca juga: TP PKK Kukar Tunjuk KWT Anggrek Desa Margahayu Ikuti Lomba Hatinya PKK Tingkat Provinsi

Baca juga: Lahan Digarap Tambang Illegal, Kepala Pusrehut Unmul di Kukar Lapor Gakkum

Dalam sambutannya, Bupati Kukar, Edi Damansyah mengucapkan, atas nama pemkab Kukar, dirinya berterima kasih dan memberi penghargaan bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Kukar ke-42 di Kecamatan Muara Badak terlaksana dengan baik dan lancar.

Bahkan, dirinya juga mendapat informasi dari beberapa kafilah di bebrbagai daerah yang mengatakan bahwa panitia pelaksanaan MTQ cukup bagus, baik dari segi pelayanan, pemondokan, bahkan warganya juga ramah.

“Kami banyak diberi makan udang kata kafilah-kafilah yang sata temui,” ujar Edi.

Ia juga menegaskan, suskesnya pelaksanaan MTQ tersebut tidak terlepas dari peran seluruh warga Muara Badak dan dirinya meminta capaian MTQ kali ini harus menjadi dasar untuk melakukan evaluasi, baik LPTQ tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa/kelurahan.

Ia menerangkan, ada beberapa cabang lomba yang semestinya harus diikuti disetiap kecamatan, tapi nyatanya tidak ada pesertanya. Tapi ia tetap memaklumi pelaksanaan MTQ di tengah pandemi covid-19 ini masih ada batasan-batasan lombang.

“Saya minta ini jadi atensi khusus dan saya ingin kedepan semua lomba harus ada pesertanya. karena itu menunjukan bahwa bakti pembinaan di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa/kelurahan berjalan dengan baik,” pintanya.

Selain itu, dirinya juga terus menyampaikan kepda jajaran, khususnya sekretaris camat selaku ketua LPTQ Kecamatan untuk terus terhubung dengan masyarakat, salah satunya melaksanakan pengembangan dan pembinaan tilawatil qur’an di wilayah masing-masing.

Baca juga: Dirut PDAM Tirta Mahakam Sebut Peran Dunia Usaha Bantu Percepatan Air Bersih di Kukar Sangat Penting

“Sehingga pelaksanaan MTQ ini bisa trus meningkat kualitasnya. jadi MTQ ini akan menjadi dasar untuk membina kafilah untuk persiapan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kaltim,” pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved