CPNS 2021

Dilaksanakan Mulai 15 November, Inilah Syarat sebelum Mengikuti Ujian SKB CPNS 2021

Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bakal dimulai pada 15 November 2021 mendatang.

Editor: Diah Anggraeni
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang bagi calon pegawai negeri sipil bakal dimulai pada 15 November 2021 mendatang. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bakal dimulai pada 15 November 2021 mendatang.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Suharmen mengatakan jika jumlah PC di lokasi ujian mandiri kurang dari 100 unit, maka penyelenggaraan seleksi dapat dilakukan sebanyak 4 sesi mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Suharmen menuturkan, instansi yang memiliki jenis tes lain selain CAT BKN dapat mulai melaksanakan SKB lebih awal sebelum tanggal 15 November.

"Panitia seleksi instansi pusat dan instansi daerah wajib berperan aktif melakukan upaya pencegahan segala bentuk praktik-praktik kecurangan dalam pelaksanaan SKB," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: 330 Instansi Umumkan Hasil SKD CPNS Tahap II, Berikut Cara Mengeceknya hingga Materi dan Jadwal SKB

Berdasarkan data BKN per 1 November, pelaksanaan SKD CPNS telah diikuti oleh 2.034.074 peserta dan seleksi kompetensi PPPK non-guru diikuti oleh 39.880 peserta.

Dari hasil rekonsiliasi dan validasi nilai, persentase kelulusan peserta CPNS yang memenuhi ambang batas atau passing grade (PG) SKD mencapai 46 persen dengan jumlah 155.854 peserta.

Dari jumlah 155.854 peserta yang lulus passing grade, 52.300 peserta diantaranya dinyatakan memenuhi 3 kali ambang batas formasi dan berhak melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya.

Sementara persentase kelulusan peserta seleksi kompetensi PPPK nonguru yang menenuhi ambang batas mencapai 40 persen dengan jumlah 3.335 peserta.

Dari jumlah 3.335 peserta yang lulus passing grade, 2.088 peserta juga dinyatakan memenuhi ambang batas formasi atau 3 kali formasi jabatan.

Peserta SKD CPNS yang dinyatakan memenuhi ambang batas formasi merupakan peserta yang berhak mengikuti tahap tes SKB.

Baca juga: Terlambat Memilih Lokasi Tes, Berikut Penjelasan BKN dan Jadwal Pelaksanaan SKB CPNS 2021

Syarat Ujian SKB

Di dalam surat BKN ini juga diatur syarat sebelum mengikuti ujian SKB, antara lain:

a. Melakukan tes usap RT PCR kurun waktu maksimal 3x24 jam atau rapid tes antigen kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti SKB;

b. Menggunakan masker 3 lapis dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker);

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved