Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Ajak Pemuda Berwirausaha, Kredit Kukar Idaman Bunga 0 Persen Bantu Permodalan

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM) pada Maret 2021, jumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Plt Asisten II Setkab Kutai Kartanegara, Wiyono saat membacakan sambutan bupati pada pembukaan Pemuda Kreatif Ekonomi Maju Expo 2021, Jumat (5/11/2021) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada Maret 2021, jumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto sebesar 61,07 persen.

"UMKM juga mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja serta dapat menghimpun sampai 60,42 persen dari total investasi di Indonesia," ujar Plt Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (KUkar), Wiyono saat membacakan sambutan bupati pada pembukaan Pemuda Kreatif Ekonomi Maju (Pakem) Expo 2021 di lapangan parkir Gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang, Jumat (5/11) malam.

Baca juga: Kodim 0906/Kkr Juara I Binter dan Kalister, Juga Komandan Kodim Terbaik TNI AD 2021

Adapun menurut data pertumbuhan UMKM di Kukar, Wiyono menyebutkan, terjadi angka kemajuan yang sangat pesat.

Untuk itu, disampaikannya, Pemkab Kukar mendorong pemuda untuk berwirausaha.

Adapun komitmen yang diberikan oleh Pemkab Kukar kepada pelaku UMKM dalam rangka mengatasi persoalan pengembangan usaha atau penambahan modal usaha, yakni dengan dimulainya program Kredit Kukar Idaman (KKI) bunga 0 persen.

Program yang bekerja sama dengan Bankaltimtara Cabang Tenggarong itu memiliki keunggulan proses cepat, berbiaya rendah, dan persyaratannya pun lebih mudah dibandingkan kredit reguler lainya.

"Manfaatkan dengan baik program ini, supaya bermunculan pengusaha di Kukar yang dapat mendorong perekonomian Odah Etam," harapnya.

Baca juga: Bupati Lantik Lima Pejabat Hasil Seleksi Terbuka di Taman Bawah Jembatan Kukar

Lebih lanjut, disampaikannya, Pemkab Kukar di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin telah berkomitmen menjalankan roda pemerintahan dengan visi dan misi Kukar Idaman, yaitu mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

Di antara 23 program, terdapat 5 program yang menyentuh langsung pelaku UMKM.

Kelima program itu adalah program Kukar Siap Kerja, Kukar Kaya Festival, Usaha Kecil Idaman, Kukar Kreatif Idaman, dan Dunia Usaha Ramah Lingkungan. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved