Berita Pemprov Kalimantan Timur

Dengan Kreativitas dan Inovasi, Wagub Optimistis Ekonomi Kaltim Tumbuh dan Maju

Diawali penampilan para peragawan dan peragawati melenggang di panggung menampilkan peragaan busana Batik "Beras Basah" Bontang dan penabuhan drum

Editor: Diah Anggraeni
Humasprov Kaltim/Syaiful Anwar
Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi dengan bangga memamerkan produk UMKM di arena Pekan Kreatif Kalimantan Timur 2021. 

TRIBUNKALTIM.CO - Diawali penampilan para peragawan dan peragawati melenggang di panggung menampilkan peragaan busana Batik "Beras Basah" Bontang dan penabuhan drum oleh Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Pekan Kreatif Kalimantan Timur 2021 pun resmi dimulai.

Kegiatan menghadirkan para pelaku kreatif Kaltim ini digelar City Centrum Hotel Mercure, Samarinda, selama tiga hari (19-21 November).

Kegiatan berjargon Escape to East Borneo, Lost in Paradise, ini juga dirangkai pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Provinsi Kaltim yang diketuai Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni.

Baca juga: Bersyukur, Meski Pandemi Covid-19 UMP Kaltim Tetap Naik

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kaltim, Wagub Hadi Mulyadi mengapresiasi Pekan Kreatif Kaltim 2021, sebab mampu menggerakkan anak-anak muda dan pelaku ekonomi kreatif di daerah.

"Saya sangat bangga atas dedikasi Dinas Pariwisata Kaltim dalam membangun kreativitas anak-anak muda dan pelaku ekonomi kreatif Kaltim," ungkap Hadi Mulyadi di hadapan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Tutuk SH Cahyono (Pembina Komite Ekonomi Kreatif Kaltim), serta pelaku ekonomi kreatif Kaltim.

Menurut orang nomor dua Benua Etam ini, apa pun keadaan Kaltim sekarang ini dalam pandemi Covid-19.

Apakah pandemi ini berakhir atau tidak berakhir, baginya, dalam mengisi kehidupan yang penting tetap kreatif dan inovatif.

"Kreatif dan inovatif ini luar biasa, dan selaku Pemerintah Provinsi Kaltim tidak ada alasan tidak mendukung," tegasnya.

Baca juga: Perjuangan Gubernur Berhasil, Dana Karbon Segera Mengalir ke Kaltim

Meski kegiatan ini didukung 10 tenant, namun mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini meyakinkan sudah mewakili 1.000 anak-anak muda kreatif dan pelaku ekonomi kreatif Kaltim.

"Saya bersyukur, anak-anak muda Kaltim sudah bisa bekerja nyaman, kreatif dan berkarya inovatif," pujinya.

Suami Hj Erni Makmur ini pun menegaskan walaupun tidak pandemi, kalau tidak kreatif, maka tidak akan bisa maju dan membangun bangsa.

"Karena Kaltim ini, bangsa dan negara ini bisa dibangun oleh mereka yang kreatif dan inovatif," pungkasnya.

Kadispar Kaltim Sri Wahyuni menyebutkan Pekan Kreatif Kaltim 2021 diisi pameran produk unggulan berupa karya lukisan, alat musik tradisional, suvenir batik, kuliner, kerajinan, desain produk.

"Juga, festival tari kreasi dan band akustik, lomba barista dan ikan cupang. Dan, fashion show dan talk show bertema Batik Kaltim Batik Nusantara oleh Ewid (owner Batik Beras Basah Bontang)," ungkap Sri Wahyuni.

Baca juga: Kembangkan Potensi Para Perajin Lokal, Dekranasda Kaltim Belajar Ekraf ke Bandung

Sepuluh stan pameran melengkapi Pekan Kreatif Kaltim terdiri booth Dekranasda Kaltim, Desain Produk Polnes, Cadio Tarompo Art Galeri, Komunitas Kreatif Muara Badak, Agung Podomoro Group, Kosmetik Wardah, Barista, Studio 23 Kaltim, Marni Handcraft, Dapoer Ikan Diana, Komunitas Kuliner Samarinda, serta Batik Beras Basah Bontang. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved