Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Resmikan Gereja Katolik Santo Stefanus, Uskup Agung Samarinda Pimpin Misa dan Pemberkatan

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Bonifasius Belawan Geh SH ME bersama Uskup Agung Samarinda, Mgr Yustinus Harjosusanto MSF meresmikan Gereja Katolik Santo

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Pengguntingan pita oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh sebagai tanda diresmikannya Gereja Katolik Santo Stefanus di Kampung Datah Bilang Ilir, Kecamatan Long Hubung, Minggu (21/11/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Bonifasius Belawan Geh SH ME bersama Uskup Agung Samarinda, Mgr Yustinus Harjosusanto MSF meresmikan Gereja Katolik Santo Stefanus di Kampung Datah Bilang Ilir, Kecamatan Long Hubung. Minggu (21/11/2021).

Setiba di Kampung Datah Bilang Ilir, Bupati Bonifasius yang didampingi oleh Wakil Bupati Drs Yohanes Avun MSi, Sekretaris Daerah Dr Stephanus Madang, SSos MM, Camat Long Hubung Dra Yulia Djiu Hong, dan Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjosusanto disambut dengan ritual adat Dayak Kenyah, yaitu Menyelama Sakai dan Ritual Ndoq Udip.

Baca juga: Lagi, Bantuan Program Pemkab Mahulu Rp 2 Juta untuk Petani Dikucurkan

Usai melewati prosesi adat, bupati Mahulu beserta rombongan dan Uskup Agung Samarinda diarak masuk menuju aula gereja untuk beristirahat sejenak menikmati hidangan yang disediakan.

Sembari menikmatinya, mereka menyaksikan tayangan video yang mengisahkan perjuangan umat dalam kurun waktu 11 tahun untuk mewujudkan dibangunnya gedung gereja yang layak untuk beribadah.

Usai menyaksikan pemutaran video, dilanjutkan dengan peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti, penyerahan kunci gereja oleh bupati Mahulu kepada Uskup Agung.

Kemudian pintu gereja dibuka langsung oleh Uskup Agung Samarinda, dilanjutkan misa bersama pemberkatan Gereja Santo Stefanus.

Saat menyampaikan sambutan, bupati Mahulu menyampaikan terima kasih kepada Uskup Agung Samarinda dalam tugas dan pelayanannya, berkenan hadir membawa sukacita kepada umat Katolik di Kabupaten Mahakam Ulu untuk kesekian kalinya.

Dirinya juga mengapresiasi masyarakat Datah Bilang Ilir atas kerja samanya dengan sistem kekeluargaan sejak awal bekerja membangun gereja Katolik Santo Stefanus secara swadaya.

"Sekali lagi atas nama Pemkab Mahulu saya sampaikan ucapkan terima kasih dan apresiasi sekaligus rasa bangga, semoga persatuan dan kegotongroyongan ini selalu ada dan terjaga,serta ditindaklanjuti dalam kehidupan sehari-hari," ucap bupati Mahulu.

Baca juga: Peringati Hari Kesehatan Nasional, Pemkab Launching Vaksinasi Marathon 10 Ribu Dosis-I

Sementara Uskup Agung Mgr Yustinus Harjosusanto mengucapkan terima kasih kepada pemkab yang selalu mendukung pembangunan gereja dan proficiat, khususnya kepada umat Santo Stefanus Kampung Datah Bilang Ilir karena telah memiliki gedung gereja baru.

"Kegembiraan yang patut kita syukuri bersama kepada Tuhan atas pemberkatan dan peresmian Gereja Santo Stefanus Kampung Datah Bilang Ilir, karena pembangunan gereja ini atas kebersamaan dan gotong royong umat dengan rela hati dan berbagi mulai dari tenaga, pikiran, waktu, maupun materi. Oleh sebab itu, hendaknya pembangunan fisik, entah gereja atau bangunan lain di lingkungan gereja maupun di lingkungan lainnya dijaga dengan sepenuh hati," ujar Uskup Agung. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved