Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Kelabui Petugas, Tersangka Curanmor di Balikpapan Nekat Ganti Stiker Bodi Kendaraan dan Plat Nomor

Setelah diringkus di Samarinda, kemudian tersangka curanmor berinisial EA (27) diperiksa Polsek Balikpapan Utara. Setelah diperiksa, ada perbedaan de

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Polsek Balikpapan Utara mengamankan seorang pria berinisial EA (27), setelah melakukan pencurian sepeda motor di kawasan Jalan Sungai Ampal, Sumber Rejo, Balikpapan Tengah akhir Oktober 2021 lalu. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Setelah diringkus di Samarinda, kemudian tersangka curanmor berinisial EA (27) diperiksa Polsek Balikpapan Utara.

Setelah diperiksa, ada perbedaan dengan identitas kendaraan yang dilaporkan oleh korban, misalnya stiker bodi kendaraan hingga plat nomor.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Thirdy Hadmiarso melalui Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Danang Aries Susanto menjelaskan, sebelum dibawa ke Samarinda, pelaku mencoba menyamarkan ciri-ciri kendaraan.

"Aslinya dari bawaan pabrik, ini ada stiker garis berwarna biru. Namun oleh tersangka, semua stiker dilepas. Lalu lampu depan diganti," ujar Kompol Danang Aries Susanto, Jumat (26/11/2021).

Tidak hanya itu, lanjut dia, termasuk plat nomor kendaraan turut diganti oleh tersangka. Dari aslinya dengan nomor polisi (nopol) KT 4770 AZ menjadi KT 4265 AZ.

Baca juga: Larikan Motor Curian ke Samarinda dan Dipakai Kerja, Pria di Balikpapan Dijemput Paksa Polisi

Baca juga: Cara Menangkal Aksi Curanmor ala Polisi, Kasus di Samarinda Semakin Merajalela 

Kompol Danang Aries Susanto menjelaskan, tersangka hanya mengganti bagian angka saja. Jadi tidak mengganti bagian kode kota di belakang nomor. Kode AZ, lanjutnya, tetap dipertahankan agar tak terlihat jika diganti.

"Untuk plat kendaraan, oleh tersangka ini diganti sesudah melakukan pencurian. Jadi disembunyikan dulu (motor), lalu membuat plat baru," imbuhnya.

Setelah dirasa aman, kata Kompol Danang Aries Susanto, barulah tersangka membawa sepeda motor bermerk Suzuki Satria F tersebut ke Kota Samarinda.

Diberitakan sebelumnya, tersangka melakukan aksinya pada siang hari. Di mana tersangka melihat sebuah motor terparkir di pinggir jalan.

"Kondisinya tidak terkunci stang. Kemudian didorong oleh tersangka hingga beberapa meter, lalu dia mencoba menghidupkan dengan cara menyambung manual kabel kontaknya," ujar Kompol Danang Aries Susanto, Jumat (26/11/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved