Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Operasi Zebra 2021 di Balikpapan, Satlantas Bagikan Mainan kepada Anak yang Pakai Helm

Dua pekan Operasi Zebra Mahakam 2021 berjalan, Satlantas Polresta Balikpapan meyakini ada penurunan pelanggaran. Hal tersebut disampaikan Kasat Lanta

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Kasat Lantas Polresta Balikpapan, AKP Retno Ariani dalam kegiatan Operasi Zebra Mahakam 2021. Pihaknya membagikan reward terhadap anak yang tertib berlalu lintas dengan mengenakan helm. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dua pekan Operasi Zebra Mahakam 2021 berjalan, Satlantas Polresta Balikpapan meyakini ada penurunan pelanggaran.

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polresta Balikpapan, AKP Retno Ariani kepada TribunKaltim.co di sela Operasi Zebra di simpang Balikpapan Baru.

Ia mengatakan tingkat kesadaran warga Kota Balikpapan dalam berkendara meningkat dari tahun sebelumnya.

"Tingkat kesadaran warga di tahun ini memang lebih tinggi, minim warga yang tidak menggunakan helm," ujarnya, Sabtu (27/11/2021).

Kendati demikian, Operasi Zebra Mahakam tahun 2021 tetap menekankan tiga hal, yakni, pengecekan kelengkapan berkendara, seperti SIM, STNK, dan helm.

Baca juga: Operasi Zebra Mahakam 2021 di Paser Diisi dengan Vaksinasi Covid-19, Tersedia 60 Doorprize

Baca juga: Operasi Zebra Mahakam 2021 di Paser, Kedepankan Tindakan Humanis

Selain itu, petugas Juga memberikan edukasi kepada orangtua untuk sedari dini sadar mengenakan helm terhadap anak-anaknya. Sebab akan rawan apabila terjadi kecelakaan.

"Sebab itu ketika sudah mematuhi tata tertib berlalu lintas kita beri reward kepada anaknya dengan makanan, boneka, dan mainan lainnya, untuk memotivasi anak agar tertib pengendara," ujarnya.

Selain itu, upaya mensosialisasikan larangan balap liar dan larangan penggunaan knalpot racing juga masuk dalam agenda Operasi Zebra Mahakam 2021.

Adapun yang menjadi target utama lainnya adalah pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan razia masker.

"Besok Operasi Zebra akan berakhir, saya harap berjalan lancar. Kita tetap imbau agar warga juga tetap memakai masker," katanya.

Sebagai informasi, Operasi Zebra Mahakam tahun 2021 sudah berlangsung sejak 15 November hingga 28 November 2021.

Baca juga: Operasi Zebra 2021 di Balikpapan, Kapolresta Berikan 4 Penekanan kepada Personelnya

Kegiatan Operasi Zebra kali ini mengedepankan upaya preventif atau pendekatan kepada masyarakat sehingga tidak ada tindakan penilangan.

Adapun selama dua pekan berjalan, pelanggaran yang paling banyak ditemukan adalah tidak membawa kelengkapan surat kendaraan. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved