Berita Paser Terkini

DPRD Paser Setuju 2 Raperda dan APBD 2022 Sebesar Rp 2 Triliun Lebih

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser menggelar 2 rapat paripurna di ruang Balling Seleloi

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Penandatanganan persetujuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Paser dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser pada rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang Balling Seleloi Sekretariat DPRD Paser, Senin (29/11/2021). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser menggelar 2 rapat paripurna di ruang Balling Seleloi Sekretariat DPRD Paser.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, didampingi Wakil Ketua DPRD Paser, Fadly Imawan dan Abdullah, dan juga dihadiri Bupati dr. Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf beserta unsur Forkopimda.

Yudhi mengatakan, pada rapat Paripurna tersebut, 2 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) telah disetujui oleh DPRD Paser.

"Sudah disetujui oleh seluruh anggota DPRD Paser, mengenai Raperda penyertaan modal pemerintah daerah pada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara," terangnya.

Baca juga: DPRD Paser Soroti Database Pedagang di Pasar Induk Penyembolum Senaken Yang tak Teratur

Baca juga: DPRD Paser Ingatkan Puluhan Perusahaan soal Dampak Sosial Ekonomi dan Lingkungan Hidup

Baca juga: DPRD Paser Ingin Relokasi Pedagang Pasar Penyembolum Senaken Segera Dilakukan

Selain itu, Raperda mengenai perubahan kedua atas peraturan daerah nomor 14 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

Kemudian dilanjutkan dengan Paripurna Persetujuan DPRD Paser mengenai Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022.

"Kami juga telah telah menyetujui APBD Kabupaten Paser untuk tahun 2022," jelasnya.

Adapun rincian persetujuan DPRD Paser mengenai APBD Kabupaten Paser tahun 2022 di antaranya.

Baca juga: Batas Penambahan Kursi di DPRD Paser, Jumlah Penduduk yang Kurang jadi Alasan

Sebelumnya, Rancangan kebijakan umum APBD dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Paser Tahun Anggaran 2022 pada Rapat Paripurna DPRD pada  tanggal  30 Agustus 2021.

Kemudian, penyampaian Penjelasan Nota Keuangan Terhadap Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2022 telah diparipurnakan pada 11 Oktober 2021.

Selanjutnya, dilakukan Rapat Badan Musyawarah (BANMUS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser pada tanggal 1 November  2021.

Pada Paripurna tersebut, Kepala Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser terlebih dulu menyampaikan laporannya.

Baca juga: Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi Tampung 16 Aspirasi Masyarakat di Dapil 3

Setelah penyampaian laporan dari hasil pembahasan, Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Paser diajukan persetujuannya dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Paser.

Untuk anggaran dan pendengan rincian pendapatan Rp 1,8 triliun lebih, belanja Rp 2,69 triliun lebih, penerimaan pembiayaan Rp 900 miliar.

Pengeluaran pembiayaan Rp.11,5 miliar, pembiayaan netto Rp 888,5 miliar.

Total APBD tahun 2022 sebesar Rp.2,7 triliun lebih.

Setelah disetujui oleh anggota DPRD Paser, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan antara pemerintah Kabupaten Paser bersama dengan DPRD Paser. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved