Berita Pemprov Kalimantan Timur

Hadiri Musda, Gubernur Isran Noor Ajak Bangkitkan Kejayaan Pramuka Kaltim

Gubernur Kaltim yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kaltim, Dr H Isran Noor resmi membuka

Editor: Diah Anggraeni
Humasprov Kaltim/Ahmad Riyandi
Gubernur Kaltim sekaligus Ketua Mabida Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, H Isran Noor saat menyerahkan penghargaan Tunggul Kwarcab Tergiat lima tahunan, Jumat (26/11/2021) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Gubernur Kaltim yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kaltim, Dr H Isran Noor resmi membuka Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Kaltim di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Jumat (26/11/2021) lalu.

Gubernur Isran Noor mengatakan, Pramuka atau Praja Muda Karana adalah organisasi gerakan kepanduan sebagai wadah proses pendidikan dan pembinaan generasi muda yang didukung pemerintah secara penuh untuk ruang dan gerak yang sangat luas. ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Baca juga: Kafilah Kaltim Sukses di MTQ ke-5 Korpri Nasional

Terkait pelaksanaan Musda Gerakan Pramuka Kaltim yang salah satu agendanya adalah memilih ketua Kwarda dan menyusun kepengurusan organisasi periode mendatang, Isran menilai bahwa ini bersifat penting dan strategis dalam upaya melaksanakan program dan kegiatan di masa mendatang, khususnya bagaimana membangun dan membangkitkan kembali gerakan Pramuka Kaltim.

"Musda ini dapat menjadi pemicu semangat dan motivasi untuk lebih ditingkatkannya kinerja dan kapasitas seluruh pimpinan dan anggota gerakan Pramuka di Kaltim. Lebih bersemangat, semakin kompak dan solid menuju kejayaan Pramuka di Kaltim. Menjadikan Pramuka yang berkualitas, tangguh dan mampu memberi kontribusi positif untuk pembangunan dan untuk kejayaan masyarakat, bangsa dan negara yang kita sayangi dan cintai ini," ucap Isran Noor.

Baca juga: Perjuangan Gubernur Berhasil, Dana Karbon Segera Mengalir ke Kaltim

Mantan Bupati Kutai Timur ini berharap melalui pelaksanaan Musda ini dan mengawali kepemimpinan baru pada masa yang akan datang, seharusnya sudah bisa dibuat perencanaan menyangkut visi dan misi serta rencana program kerja ke depan agar apa yang diinginkan secara realistis dapat terwujud degan lebih baik dan bermanfaat.

"Mari kita bangun dan bangkitkan kembali gerakan Pramuka di Kaltim ini dari berbagai tingkatan untuk menjadi organisasi yang modern, mandiri, kuat dan profesional. Pramuka juga harus ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah, apalagi Kaltim akan semakin diberikan beban dan tugas berat ke depan, yaitu sebagai rencana ibu kota negara Indonesia. Untuk itu perlu dukungan dari seluruh elemen masyarakat, bukan menghalang-halangi keberadaan ibu kota yang merupakan milik bangsa Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Bersyukur, Meski Pandemi Covid-19 UMP Kaltim Tetap Naik

Hadir secara daring Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka yang diwakili Sekjen Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Ketua Kwarcab Pramuka Kutai Timur Kasmidi Bulang, Ketua Kwarcab Samarinda Rusmadi Wongso, Ketua Kwarcab Paser Syarifah Masitah Assegaf, serta jajaran pengurus Kwarda Kaltim dan delegasi Kwarcab Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Pada kesempatan ini juga dianugerahkan tanda penghargaan melati kepada Gubernur Isran Noor dari Kwarda Kaltim, juga penyerahan Tunggul Kwarcab Tergiat lima tahunan dan Satuan Tugas Pramuka Peduli. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved