Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah, Sutomo Jabir Sosper Pajak di Berau

Guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) serta terselenggaranya pembangunan secara berkelanjutan, anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir menggelar

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Suasana saat anggota DPRD Kaltim, Sutomi Jabir saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi perda tentang pajak di Berau, Sabtu (4/12/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) serta terselenggaranya pembangunan secara berkelanjutan, anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pajak Daerah di Kampung Sei Bebanir Bangun, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala kampung dan sejumlah tokoh masyarakat mulai dari pemuka agama hingga tokoh pemuda, juga menghadirkan Mupit Datusahlan dan Mochammad Masrun sebagai narasumber.

Dalam uraiannya, Sutomo Jabir berharap kegiatan tersebut sebagai ajang untuk mencerdaskan masyarakat.

Perda Nomor 1 Tahun 2019 dapat dipahami baik secara kontekstual hingga realisasi perda.

Baca juga: Sutomo Jabir Temui Warga Gunung Tabur, Sosialisasikan Perda Bantuan Hukum di Berau

Selain itu, perda yang disosialisasikan dapat meningkatkan PAD Kabupaten Berau secara khusus dan Provinsi Kaltim secara umum.

"Dalam meningkatkan PAD, tentu sektor pajak merupakan salah satu sumber yang terus kita genjot. Sebab dengan meningkatkan PAD, maka secara otomatis PAD makin sehat," paparnya, Sabtu (4/12/2021).

Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan sejumlah fasilitas untuk mempermudah masyarakat untuk membayar pajak, mulai dari membuka mitra dengan sektor swasta hingga memperbanyak kantor Samsat.

"Alhamdulillah, sudah banyak fasilitas yang dibangun oleh pemerintah untuk mempermudah masyarakat untuk membayar pajak salah satunya pembangunan kantor samsat diberbagi pelosok," tambahnya.

Baca juga: APBD Kaltim 2022 Disetujui Rp 11,5 Triliun

Oleh karena itu, politikus PKB dapil Kota Bontang, Kutai Timur dan Kabupaten Berau itu juga mengharapkan masyarakat agar terlibat aktif dalam mengawasi pembangunan di Kaltim.

"Pertama masyarakat dapat mengusulkan kegiatan pembangunan melalui musrenbang, reses DPRD serta mengawasi kegiatan saat dijalankan. Nah, itu salah satu bentuk masyarakat terlibat aktif dalam instrumen pembangunan," lanjutnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved