Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Evaluasi Hasil Ramp Check Speedboat di Tarakan, Jelang Nataru Life Jacket Rusak Wajib Diganti

Setelah pembentukan posko pengendalian trasportasi laut selama Natal dan Tahun Baru, Dishub Kaltara mulai melakukan kegiatan ramp check di Pelabuhan

TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
Dishub Kaltara melakukan pengecekan alat keselamatan berlayar di beberapa speedboat regular sejak Jumat (17/12/2021) kemarin. TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN – Setelah pembentukan posko pengendalian trasportasi laut selama Natal dan Tahun Baru, Dishub Kaltara mulai melakukan kegiatan ramp check di Pelabuhan Tengkayu 1 Kota Tarakan.

Dikatakan Ferdy, Kabid Pelayaran Dishub Kaltara, kegiatan ramp check sendiri dimulai sejak Jumat (17/12/2021) lalu pasca rapat koordinasi persiapan Natal dan Tahun Baru.

Pada hari kedua pelaksanaan ramp check, masih ditemukan life jacket yang rusak disimpan dalam speedboat.

Life jacket atau baju pelampung yang rusak ditarik oleh petugas dan kepada agen diinstruksikan untuk segera melakukan perbaikan dan penggantian life jacket. Total 30 life jacket terdata yang perlu diganti.

“Selain life jacket juga ada alat keselamatan lain seperti tabung APAR mini dan alat navigasi dan kondisi kenyamanan di dalam speedboat,” ujarnya.

Baca juga: Dishub Kaltara Pastikan Tak Pernah Keluarkan Izin Trayek Speedboat Nonreguler

Baca juga: Pasca Insiden Speedboat Ryan di Nunukan, Dishub Kaltara Tak Bisa Larang Kapal Nonreguler Beroperasi

Baca juga: Dishub Kaltara Ungkap Kecelakaan Speedboat Ryan di Nunukan Karena Masuk Pusaran Air

Ferdy melanjutkan, dari pemilik speedboat siap mengganti life jacket yang rusak untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan terjadi dalam pekan ini.

“Kami bekerja sama dengan TNI-Polri dan instansi lainnya, juga KSOP, BPBD Tarakan dan provinsi kemarin untuk ramp check,” ungkapnya.

Alat keselamatan berlayar haruslah tetap berfungsi sesuai SOP yang diterapkan. Termasuk pengecekan kondisi mesin, baling-baling speedboat dan lainnya, tidak boleh ada yang rusak.

“Tidak boleh ada robek. Yang kami dapati alat keselamatannya ada yang robek dan kami simpan di kantor UPTD Pelabuhan Tengkayu. Kami buatkan berita acara dan agennya akan disurati untuk mengganti segera,” tegasnya.

Dalam hal ini apabila pihak agen speedboat tidak mematuhi tentu siap diberikan sanksi berupa penundaan berlayar ataupun dihentikan trayeknya.

“Kalau kami imbaunya diganti secepatnya karena sudah masuk momen mobilisasi penumpang jelang Natal dan Tahun baru,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved