Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Lantik Taruna dan Taruni SMKN 5 Balikpapan, Sigit Ingatkan Lebih Disiplin dan Berkarakter

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo menghadiri undangan pelantikan taruna dan taruni SMK Negeri 5 Angkatan XXIV Tahun Ajaran 2021-2022, Kamis

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo saat melantik taruna dan taruni SMK Negeri 5 Balikpapan, Kamis (16/12/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo menghadiri undangan pelantikan taruna dan taruni SMK Negeri 5 Angkatan XXIV Tahun Ajaran 2021-2022, Kamis (16/12/2021).

Kepala SMKN 5 Mohamad Arifin dalam sambutan dan penyampaian laporannya mengatakan, pelantikan taruna dan taruni adalah tanda berakhirnya kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS), yang dilanjutkan dengan latihan dasar disiplin korp (LDDK) pada 8-16 Desember 2021.

"Kegiatan itu diikuti 457 peserta dan yang tidak lulus 2 orang. Materi yang diberikan adalah aturan baris berbaris dan aturan disiplin korp," sebutnya.

Baca juga: Pimpinan dan Komisi DPRD Kaltim ke Polda, Hadiri Acara Penguatan dan Pengawasan Pembangunan IKN

Kemudian, lanjut Mohamad Arifin, tujuan dan harapan dari serangkaian kegiatan PLS dan LDDK ini adalah untuk mengenal lingkungan sekolah dan tata tertib Kkorp, membentuk insan yang berkarakter, membentuk insan yang disiplin yang diharapkan oleh dunia usaha dan dunia industri serta masyarakat.

"Kemudian membentuk insan yang sehat dan berwawasan lingkungan dan menyiapkan manusia menuju revolusi 4.0," sambungnya.

Sigit Wibowo yang diundang sebagai inspektur upacara sekaligus untuk melantik dan memasang balok pundak kepada para taruna dan taruni.

Dalam sambutannya mengatakan, hal yang paling menonjol di SMKN 5 Balikpapan adalah penerapan nilai-nilai kedisiplinan yang cukup tinggi, terlebih telah bekerja sama dengan Angkatan Laut.

Baca juga: Bahar Serahkan Bantuan Puluhan Mesin dan Belasan Bodi Kapal Dongfeng Dompeng kepada Nelayan

Maka dari itu, sekolah ini menerapkan gaya kedisiplinan semi militer dan itu tercermin dari seragam yang dipakai para siswa maupun budaya sekolahnya.

Politikus PAN ini berharap, dengan dilantiknya para taruna dan taruni ini mampu menjadi siswa yang berkarakter.

Dengan dibekali materi keahlian maupun disiplin tinggi akan membawa manfaat besar ketika terjun ke dunia kerja, karena umumnya dunia industri pelayaran atau kemaritiman selalu membutuhkan disiplin yang tinggi dan fisik yang kuat.

"Bekal untuk sukses nomor satu adalah nilai kedisiplinan, karena kesuksesan seseorang itu ditentukan oleh attitude yang baik," ucap wakil rakyat asal dapil Balikpapan ini.

Baca juga: Optimalisasi Tugas dan Fungsi, Anggota DPRD Kaltim Ikuti Training dan Workshop

Ia pun berharap kepada taruna dan taruni agar tetap fokus dan giat dalam menimba ilmu pada bidang dan jurusannya masing-masing.

"Selamat dan sukses kepada para calon Taruna dan Taruni SMK Negeri 5 Balikpapan," pungkasnya.  (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved