Virus Corona di Balikpapan

Capian Vaksinasi Anak 26 Persen, Binda Kaltim Sisir Anak Usia 6-11 Tahun di Balikpapan Timur

Sebanyak 1500 dosis vaksin Sinovac diberikan Badan Intelejen Negara daerah (Binda) Kalimantan Timur kepada anak usia 6-11 tahun

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Sebanyak 1500 dosis vaksin Sinovac diberikan Badan Intelejen Negara daerah (Binda) Kalimantan Timur kepada anak usia 6-11 tahun.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN- Sebanyak 1500 dosis vaksin Sinovac diberikan Badan Intelejen Negara daerah (Binda) Kalimantan Timur kepada anak usia 6-11 tahun.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 kali ini dilakukan di Embarkasi Haji Balikpapan, dengan menyasar anak di wilayah Balikpapan Timur.

Salah satu orang tua di Balikpapan Timur, Ghia, mengatakan program vaksinasi memberikan rasa aman pada orang tua dan juga siswa.

Khususnya dalam mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) secara lebih aman dan juga optimal. Sebab selama ini masih dilakukan secara terbatas.

"Kami berharap setelah vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini, pembelajaran di sekolah bisa dilaksanakan lebih lama, dan tentu sebagai orang tua lebih percaya," ujarnya, Jumat (24/12/2021).

Baca juga: Tak Penuhi Syarat, Vaksinasi untuk Anak 11 Tahun ke Bawah Belum Dilakukan di Kutai Timur

Baca juga: Soal Pemberian Vaksin Booster untuk Warga Balikpapan, Satgas Covid-19 Tunggu Instruksi Pusat

Baca juga: Pekan Ke-3 Desember, Dosis 1 dan 2 di Tarakan Lampaui Target, Vaksin Anak 6-11 Tahun Tunggu Pusat

Sebagaimana diketahui, program vaksinasi tersebut diselenggarakan juga bertepatan dengan munculnya varian Omicron di Tanah Air.

Adanya program vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun membuat orang tua yakin bahwasannya anak-anak sudah terlindungi.

Sekolah pun akan memiliki sistem belajar yang mumpuni. Dengan demikian, dipastikan semua siswa tidak mengalami learning loss.

"Tapi yang kita rasakan itu justru di sisi sosialnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Ani Sri Juliarty mengatakan, capaian vaksinasi anak 6-11 tahun di Balikpapan berada di angka 26 persen.

Berdasarkan data yang dirilis pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Kota Balikpapan menjadi wilayah yang capaian vaksinasi anaknya paling tinggi dari 9 daerah lainnya.

Wanita yang kerap disapa Dio itu pun cukup terkejut, ia tak menyangka apabila antusias keluarga utamnya para orangtua dan anaknya cukup tinggi.

"Ini menakjubkan bagi kami, karena pada saat hari libur ternyata minat anak dan orangtuan cukup tinggi untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19," katanya.

Baca juga: Dinkes Nunukan Sebut Vaksinasi Belum Capai 70 Persen, Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun Belum Bisa Digelar

Pelaksanaan vaksinasi kepada usia 6-11 tahun dilakukan sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021.

Yang di dalamnya tentang pemberian vaksinasi COVID-19 pada usia tersebut dinyatakan aman dan bisa dilaksanakan dengan prosedur yang ditetapkan.

"Hari ini vaksinasi dibantu dengan Binda Kaltim, dukungan dari Binda terus berlanjut dari sebelumnya lansia, masyarakat umum, pelajar dan memasuki usia 6-11 tahun," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved