Breaking News:

Sepanjang 2021, Pupuk Kaltim Fasilitasi Pendidikan 36 Anak Melalui Program PKTPP

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) secara konsisten terus meningkatkan komitmen dalam mendukung pendidikan yang layak bagi anak melalui

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Pupuk Kaltim secara konsisten terus meningkatkan komitmen dalam mendukung pendidikan yang layak bagi anak melalui program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan atau PKTPP. 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) secara konsisten terus meningkatkan komitmen dalam mendukung pendidikan yang layak bagi anak melalui program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP).

Sepanjang 2021, ada 36 anak yang menerima manfaat program PKTPP di Kota Bontang mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Para penerima terdiri dari 10 siswa tingkat SD, 8 siswa tingkat SMP, 8 siswa tingkat SMA dan 10 orang tingkat perguruan tinggi.

Program yang digagas sejak 2008 ini merupakan langkah aktif PKT dalam menciptakan SDM terampil, profesional dan berkompetensi dengan memberikan pendidikan yang layak bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial.

Program PKTPP juga sesuai misi perusahaan untuk memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan, karena pendidikan dinilai sebagai faktor utama pengembangan kapasitas untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Dukung Pendidikan Putra dan Putri TNI-Polri, Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa

SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono mengatakan, program PKTPP memberi keleluasaan bagi penerima untuk memilih jurusan dan perguruan tinggi yang diminati, dengan pembiayaan penuh mulai awal masuk hingga lulus. PKT menjalin kerjasama dengan 15 universitas terkemuka di Tanah Air di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Mulawarman (Unmul), Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Institut Seni Indonesia (ISI), Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia.

"Sedangkan tingkat SD hingga SMA, para siswa difasilitasi pendidikan di Yayasan Pupuk Kaltim (YPK). Beasiswa disasar mulai tingkat SD agar ada kesinambungan proses pendidikan di setiap jenjang bagi anak, sehingga ke depan mampu berkontribusi bagi daerah sesuai bidang ilmu yang dimiliki," terang Anggono.

Sejak 2008-2021, PKT telah mengalokasikan anggaran mencapai Rp 24,4 miliar untuk seluruh tingkat pendidikan, dengan total penerima manfaat tingkat perguruan tinggi sebanyak 188 orang dan tingkat SD hingga SMA sebanyak 128 orang.

Saat ini, jumlah mahasiswa aktif dalam program PKTPP tingkat perguruan tinggi ada 62 orang dan siswa SD-SMA 96 orang.

Pembiayaan program PKTPP memfasilitasi hampir seluruh kebutuhan pendidikan, mulai dari biaya tes sebelum masuk perguruan tinggi hingga tugas akhir, biaya akomodasi, buku dan sebagainya.

Baca juga: Pupuk Kaltim Inisiasi Vaksinasi Covid-19 bagi Ratusan Anak di Bontang

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved