Berita Nasional Terkini

HASIL Survei SMRC, Elektabilitas Ganjar Pranowo & Anies Baswedan Meningkat, Prabowo Subianto Stagnan

Survei yang dilakukan lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menjunjukkan elektabilitas Ganjar mengalami peningkatan.

Editor: Ikbal Nurkarim
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hasil Survei SMRC, elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan meningkat, sementara itu Prabowo Subianto stagnan sebagai calon Presiden pada Pemilu 2024 mendatang. 

TRIBUNKALTIM.CO - Hasil Survei SMRC, elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan meningkat, sementara itu Prabowo Subianto stagnan sebagai calon Presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus bersaing ketat dalam hal elektabilitas sebagai calon presiden (capres) 2024.

Dari hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga, nama Prabowo dan Ganjar terus bergantian menduduki posisi puncak elektabilitas Capres 2024.

Yang teranyar, survei yang dilakukan lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menjunjukkan elektabilitas Ganjar mengalami peningkatan dan memepet elektabilitas Prabowo yang elektabilasnya stagnan.

Baca juga: Survei Pilpres 2024 Terbaru, Ganjar Pranowo Tetap Dipilih Meski Tak Maju Lewat PDIP, Prabowo Stagnan

Baca juga: Survei Terbaru, Anies, Ganjar, Ridwan Kamil Diprediksi Meredup Sebelum Pilpres 2024, PDIP Pemuncak

Baca juga: Survei Terbaru Menuju Pilpres 2024, Ganjar Diuntungkan Faktor Jokowi, Basis Prabowo Tergerus Anies

Dilansir dari Tribunnews.com dengan judul artikel Survei SMRC: Elektabilitas Prabowo Dipepet Ganjar, Nama Ahok Masuk Bursa Capres 2024, Data itu disajikan SMRC dalam rilis hasil survei terbarunya berjudul “Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional”.

Dalam survei ini, SMRC memaparkan capaian elektabilitas capres 2024.

SMRC mendapat temuan data bahwa pada Maret 2020 elektabilitas Ganjar 6,9 persen, namun meningkat menjadi 19,2 persen pada Desember 2021.

”Dalam simulasi semi terbuka, pada survei Maret 2020 elektabilitas Ganjar 6,9 persen. Setahun kemudian, Maret 2021, dukungan pada Ganjar menjadi 8,8 persen. Dukungan ini meningkat menjadi 12,6 pada Mei 2021,

Dan terus menanjak pada September dan Desember 2021, masing-masing 15,8 dan 19,2 persen,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, Selasa (28/12/2021).

Tak hanya Ganjar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengalami kenaikan elektabilitas sebanyak 3,3 persen dalam periode yang sama, walaupun tidak sekuat Ganjar.

“Anies naik dari 10,1 persen pada Maret 2020 menjadi 13,4 persen pada Desember 2021,” lanjutnya.

Berbeda dengan dua tokoh di atas, survei SMRC justru melihat tren elektabilitas Prabowo cenderung stagnan. Kenaikan elektabilitas dari Maret 2020 hingga Desember 2021 tercatat hanya sebesar 0,2 persen.

”Dukungan kepada Prabowo tidak banyak berubah. Dari 19,5 persen pada Maret 2020 menjadi 19,7 persen pada Desember 2021,” kata Abbas.

Baca juga: 5 Aplikasi Penghasil Uang yang Wajib Dicoba, Cukup Isi Survei Bisa Dapat Saldo DANA Ratusan Ribu

Itu artinya elektabilitas Prabowo dan Ganjar hanya berselisih 0,5 persen. Kemudian pada simulasi 15 nama, posisinya tidak berubah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved