Breaking News:

Sejarah Hari Ini

Sejarah Hari Ini, 64 Tahun Lalu, Provinsi Kalimantan Timur Terbentuk

Tahukah kamu jika Provinsi Kalimantan Timur tempat calon Ibu Kota baru Indonesia terbentuk pada 1 Januari 1957?

google.com/maps
Peta Kalimantan Timur - Kalimantan Timur terbentuk pada 1 Januaeri 1957. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tahukah kamu jika Provinsi Kalimantan Timur tempat calon Ibu Kota baru Indonesia terbentuk pada 1 Januari 1957?

Ya, tepat 64 tahun yang lalu, Provinsi Kalimantan Timur terbentuk.

Provinsi Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi yang berada di bagian ujung timus yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, hingga Sulawesi.

Setelah terjadinya pemekaran menjadi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas ketiga setelah Papua dan Kalimantan Tengah.

Bagaimana asal mula dari Provinsi Kalimantan Timur ini bisa terbentuk?

Baca juga: Binda Kaltim Telah Salurkan 6.236 Dosis Vaksin Covid-19 di Paser

Baca juga: Sekprov Kaltim Sabani Ingatkan ASN Dilarang Keluar Kota

Baca juga: 236 Pejabat di Pemprov Kaltim Dilantik Gubernur Isran Noor Hari Ini, Ini Kata Kepala BKD

Mengutip laman resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, sebelum masuknya suku-suku dari Sarawak dan suku-suku pendatang dari luar pulau, wilayah ini sangat jarang penduduknya.

Sebelum kedatangan Belanda terdapat beberapa kerajaan yang berada di Kalimantan Timur, diantaranya adalah Kerajaan Kutai (beragama Hindu), Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Kesultanan Pasir dan Kesultanan Bulungan.

Menurut Hikayat Banjar, wilayah Kalimantan Timur (Pasir, Kutai, Berau, Karasikan) merupakan sebagian dari wilayah taklukan Kesultanan Banjar, bahkan sejak jaman Hindu.

Dalam Hikayat Banjar menyebutkan bahwa pada paruh pertama abad ke-17 Sultan Makassar meminjam tanah sebagai tempat berdagang meliputi wilayah timur dan tenggara Kalimantan kepada Sultan Mustain Billah dari Banjar.

Pada waktu Kiai Martasura diutus ke Makassar dan mengadakan perjanjian dengan I Mangngadaccinna Daeng I Ba’le’ Sultan Mahmud Karaeng Pattingalloang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved