Ibu Kota Negara

Agar Tidak Menjadi Penonton Ketika IKN Hadir, Gus Miftah Berikan Saran Berupa 4C

Kalimantan Timur ditetapkan menjadi kawasan Ibu Kota Negara sejak 2019. Hingga saat ini pembangunan IKN terus bergulir. Meskipun belum ada pembangunan

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Ngobrol Bareng Gus Miftah di Magara Cafe and Carwash kota Samarinda, Senin (10/1/2022) malam. Ia menyebut masyarakat harus kreatif agar tidak jadi penonton di rumah sendiri ketika IKN hadir. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kalimantan Timur ditetapkan menjadi kawasan Ibu Kota Negara sejak 2019. Hingga saat ini pembangunan IKN terus bergulir. Meskipun belum ada pembangunan fisik, DPR RI sedang menggodok RUU IKN.

Direncanakan RUU itu akan disahkan menjadi undang-undang (UU) pada tanggal 18 Januari mendatang. Ustadz Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah memberikan tips agar masyarakat Kaltim tidak menjadi penonton ketika masyarakat luar berbondong-bondong ke Kaltim.

Salah satu tipsnya yaitu 4C. Ia membeberkan 4C yaitu Creativity, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication. Keempat elemen penting itu menjadi cara untuk meningkatkan kualitas diri dengan persaingan di era digital ini.

"Di era 5.0 ini kesempatan kita membranding diri sendiri. Acara tv kalah dengan medsos tv kalah dengan Instagram, tiktok. Cukup berprestasi buat lagu bagus maka dikenal orang di medsos lebih mudah dikenal siapapun," ucapnya, Selasa (11/1/2022).

Ia menjelaskan poin pertama yaitu creativity. Menurutnya seseorang wajib kreatif. Bagi siapapun harus beradaptasi terhadap perubahan sosial maupun perkembangan teknologi. Seseorang harus kreatif menciptakan peluang di tengah kondisi sosial yang terus berubah-ubah.

Baca juga: Walikota Samarinda Harap Pembangunan Ibu Kota Negara Tumbuh Bersama dengan Daerah Sekitarnya

Baca juga: Jarak Tempuh Balikpapan-IKN Hanya 30 Menit, Jalan Tol Menuju Ibu Kota Negara Mulai Digarap

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani Sebut Pembangunan Ibu Kota Negara Disesuaikan dengan UU IKN

"Kalau terlahir bukan orang kaya maka harus kreatif dan kerja keras," ucapnya.

Kedua adalah critical thinking. Menurutnya seseorang harus berpikir kritis terhadap kondisi di sekitarnya. Berpikir kritis menurutnya seseorang harus memiliki pemikiran terbuka.

Maka segala informasi dapat diserap dan membuat seseorang itu memiliki berbagai macam informasi. Dengan banyaknya informasi maka seseorang mampu memiliki pengetahuan yang luas.

"Critical thinking atau pikiran kritis kita harus open minded. Contoh Jakarta ibukota pindah yang perlu oerisappkan masyarakat open minded attitude kita jangan sampai masyarakat tidak siap maka terjadi yang menikmati bukan orang Kalimantan," ucapnya.

"Maka disitu dibutuhkan masyarakat open minded. Jangan sampai keberadaan ibukota dimanfaatkan orang luar sementara kita jadi penonton di rumah sendiri," ucap Gus Miftah lagi.

Baca juga: PLN UIW Kaltimra Siap Sediakan Pasokan Listrik untuk Ibu Kota Negara

Poin ketiga yaitu Collaboration. Menurutnya apapun jika dikerjakan bersama maka dirasa lebih mudah. Untuk itu seseorang jangan sesekali pelit jika seseorang membutuhkan bantuan. Berikanlah tenaga jika seseorang memerlukan bantuan.

"Kita harus sinergi kata Erick Thohir. Wali songo itu hebat tapi buat masjid Demak tidak dibuat sunan Kalijaga sendiri tapi nyatanya melibatkan wali sembilan karena amal lebih baik dan banyak jika dilakukan berjemaah," katanya.

Terakhir adalah Communication. Komunikasi menurutnya menjadi senjata ampuh dalam bersosialisasi. Dengan memperbanyak jaringan atau link maka seseorang akan dikenal. Dengan banyaknya link itu seseorang bisa meraih kesempatan dalam kesuksesan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved