Breaking News:

Berita Kubar Terkini

Bandar Udara Melalan Kubar Sepi, Tak Ada Maskapai Isi Slot Penerbangan, Pihak Bandara Lobi ke Pusat

Bandar Udara Melalan Kutai Barat hingga kini belum juga diisi oleh maskapai penerbangan angkutan penumpang komersil. Padahal, bandara yang menjadi ke

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Bandar Udara Melalan Kutai Barat hingga kini belum ada maskapai yang melayani penerbangan penumpang komersil. Pihak Bandara Melalan melobi sampai ke pusat TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Bandar Udara Melalan Kutai Barat hingga kini belum juga diisi oleh maskapai penerbangan angkutan penumpang komersil.

Padahal, bandara yang menjadi kebanggaan Kutai Barat itu dianggap menjadi pilihan alternatif masyarakat karena dinilai lebih mempersingkat waktu tempuh perjalanan jika dibanding dengan armada transportasi darat dan  sungai. 

Namun demikian, pihak Bandara Melalan menegaskan meski belum adanya penerbangan komersil, bukan karena tidak layak memfasilitasi penerbangan, melainkan belum adanya maskapai yang mau untuk mengisi slot penerbangan di Bandara Melalan.

"Kalau dari sisi memfasilitasi penerbangan, kita sangat dan selalu siap. Tidak ada masalah dengan kondisi bandara, jalur dan sebagainya. Cuma memang belum ada maskapai yang mau mengisi," kata Kepala Unit Pelabuhan Bandar Udara (UPBU) Melalan, Indra Rohman melalui Kepala Seksi TOKPD, Aulia Mukti Negara, Kamis (13/1/2022).

Dia menjelaskan sampai saat ini pihak bandara pun terus berupaya melobi beberapa maskapai untuk bisa mengisi slot penerbangan dengan tujuan Samarinda dan Balikpapan.

Baca juga: Manajemen Bandara Melalan Kubar Gelar Pembentukan Karakter, Gandeng TNI AU

Baca juga: Bandara Melalan Kubar tak Ada Penerbangan Komersil, Singgung Ketersediaan Armada Pesawat

Upaya tersebut dilakukan selama dua tahun belakangan ini agar ada maskapai yang bisa hadir kembali di Kutai Barat.

"Pak Kaban juga sudah melobi kepada beberapa maskapai di kantor pusat, Jakarta, seperti Citilink, Wings Air dan lain-lain. Tetapi memang sampai saat ini belum ada maskapai yang siap. Karena tidak adanya armada/pesawat yang sesuai, ditambah lagi kondisi pandemi sekarang," terangnya.

Perlu diketahui, saat ini landasan pacu yang dimiliki Bandara Melalan berukuran sepanjang 1.300 meter dan dipergunakan untuk jenis pesawat ATR 42.

Namun landasan tersebut diklaim sebenarnya juga bisa digunakan oleh pesawat jenis ATR 72. Di mana pesawat jenis ini juga sudah beberapa kali melakukan pendaratan dan lepas landas dari Bandara Melalan.

"Sebagai buktinya, beberapa waktu lalu maskapai Nam Air dengan jenis pesawat ATR 72 sudah beberapa kali mengangkut penumpang dari sini. Kemudian ada pesawat dari pasukan TNI dan juga terakhir dari Polda Kaltim. Jenis pesawatnya juga sama," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved