Breaking News:

Berita Kubar Terkini

Beri Edukasi Warga, DP2KBP3A Kubar Putar Film Pendek tentang Pencegahan Stunting di Kafe

Sebagai upaya untuk melakukan pencegahan kasus stunting di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pen

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Kepala DP2KBP3A Kubar, Sukarwanto memberikan sambutan dalam pembukaan pemutaran perdana film pendek yang berjudul "Diary Remajaku"  di salah satu Cafe di Barong Tongkok. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Sebagai upaya untuk melakukan pencegahan kasus stunting di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pengendalian Perempuan dan Anak (DP2KBP3A) Kubar menggelar pemutaran film pendek terkait pencegahan kasus stunting.

Pemutaran film pendek tersebut digelar di salah satu cafe tempat tongkrongan masyarakat yang berlokasi di Kecamatan Barong Tongkok pada malam tadi. 

Kepala DP2KBP3A Kutai Barat, Sukarwanto mengatakan, film pendek yang diputar itu berjudul "Diary Remajaku" yang memuat edukasi dan strategi pencegahan terhadap kasus stunting.

"Ini merupakan momen yang cukup bagus dan sangat bermanfaat bagi seluruh keluarga di Indonesia serta secara khusus di Kubar.

Pemutaran perdana film pendek yang diproduksi ini berjalan dengan sukses. Yang  banyak diikuti oleh penonton secara langsung maupun di chanel YouTube dan juga melalui zoom streaming," kata Kepala DP2KBP3A, Sukarwanto, Kamis (13/1).

Baca juga: Cegah Stunting dengan Menekan Pernikahan Usia Anak

Baca juga: Kubar Bertekad Wujudkan Zero Stunting, Bupati: Rembuk Dilakukan Serius dan Berkomitmen

Dia berharap film pendek yang berisi beberapa pengetahuan tentang apa saja yang dapat menimbulkan terjadinya kasus stunting, dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

"Mulai dari pola asuh, tumbuh kembang anak dan remaja, pergaulan bebas dan juga narkoba. Semua dikemas dalam alur cerita dalam film ini. Di mana hal-hal tersebut sangat berpengaruh dengan terjadinya kasus stunting," jelasnya.

Melalui film pendek ini juga diharapkan peran utama dari keluarga agar mencegah stunting dan mengurangi angka stunting. Di mana banyak pembelajaran yang didapatkan baik itu bagi remaja dan para orang tua di dalam sebuah keluarga.

"Selain memberikan banyak pembelajaran dari film pendek ini, DP2KBP3A Kubar juga siap memberikan waktu untuk konsultasi kepada seluruh keluarga di Kubar. Mengenai permasalahan-permasalahan yang dapat berimbas dengan terjadinya kasus stunting," tegasnya.

Lebih lanjut, film pendek yang digarap oleh DP2KBP3A Kubar ini juga nantinya akan disebarluaskan dan ditayangkan khususnya di kecamatan-kecamatan.

Baca juga: Pemkot Tingkatkan Pengukuran Balita, Angka Stunting di Samarinda Alami Penurunan

Begitu juga di sekolah-sekolah dan kelompok-kelompok tertentu agar memberikan pelajaran, baik dari segi timbulnya kasus stunting yang ada keterkaitannya dengan pergaulan bebas dan juga penggunaan narkoba, serta pola asuh tumbuh kembang anak dan remaja.

"Nanti akan kita jajaki untuk bisa ditayangkan di kecamatan, sekolah ataupun kelompok tertentu yang memerlukannya. Di mana dalam film ini mengandung pesan tentang fungsi keluarga, pola asuh dan situasi-situasi remaja sekarang ini agar tidak terjerumus.

Selain itu, mungkin nanti akan kita buat lagi episode-episode lanjutan agar bisa bermanfaat dan berguna dalam memberikan pengetahuan, baik kepada anak, remaja dan juga keluarga," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved