Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Rugikan Negara Hampir Rp 10 Miliar, 5 Tersangka TPU KM 15 Diserahkan ke Rutan Balikpapan

Adapun kelima tersangka itu diantaranya berinisial SA, MK, SL, AS, dan RS yang pada kesempatan kali ini diserahkan ke pihak Rutan Klas IIB Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH
Penggiringan kelima tersangka penggelembungan atau mark up kelipatan dana untuk pengadaan tanah untuk pembangunan TPU di KM 15 Balikpapan.TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Kejaksaan Negeri atau Kejari Balikpapan menetapkan 5 tersangka dugaan penggelembungan dana penyediaan tanah, untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kilometer 15, Balikpapan Utara.

Adapun kelima tersangka itu diantaranya berinisial SA, MK, SL, AS, dan RS yang pada kesempatan kali ini diserahkan ke pihak Rutan Klas IIB Balikpapan, Kamis (13/1/2022).

"Teman-teman dari bidang tindak pidana khusus melakukan tahap kedua atau penyerahan tersangka atau barang bukti terkait dengan perkara TPU KM 15 dimana tersangkanya ada 5 orang," jelas Kasi Intel Kejari Balikpapan Oktario Hutapea, Kamis (13/1/2022), usai pengiriman tersangka.

Adapun Rutan Balikpapan, kata Oktario, merupakan penanganan tahap kedua yang kemudian berlanjut ke Polresta Balikpapan sebagai penanganan tahap ketiga.

Disamping itu, dirinya menambahkan, penetapan kelima tersangka itu belum merupakan final.

Baca juga: 10 Bulan Kasus Penyelewengan Izin Peti Kemas Berjalan, Kejari Balikpapan Belum Tetapkan Tersangka

Baca juga: Rugikan Negara Rp 2 M, Mantan Bendahara Setwan Balikpapan Jadi DPO, Kini Diburu Kejari Balikpapan

Baca juga: Kejari Samarinda Akui Sudah Tagih Piutang Pajak ke Hotel Selyca Mulia

Oktario menekankan ada kemungkinan keterlibatan pihak lain dalam perkara ini.

"Untuk adanya kemungkinan tersangka lain, nanti diproses untuk jadi terdakwa itudi persidangan. Jadi kita sama-sama akan saksikan persidangannya," tegasnya.

Disinggung potensi kerugiannya, Oktario membeberkan, setidaknya nyaris menyentuh Rp 10 Milyar. Persisnya Rp 9,9 miliar.

"Jadi terkait dengan proses pengadaan tanah yang akan disidangkan ini sekitar Rp 9,9 milyar yang menjadi kerugian negara," imbuhnya.

Baca juga: Dugaan Cek Kosong yang Menimpa Politisi Golkar Hasanuddin Masud, Kejari Samarinda Beri Respon

Sebelumnya, dugaan kasus korupsi TPU kilometer 15 tersebut pernah diselidiki Polresta Balikpapan. Karena, diduga terdapat sekitar Rp 2 miliar dana pengadaan TPU kilometer 15 itu terindikasi dikorupsi.

Sebagaimana diketahui, dugaan kasus korupsi TPU kilometer 15 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara tersebut merupakan TPU terpadu yang berisi makam untuk semua kalangan agama di dalamnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved