Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Satpol PP Samarinda Soroti Rumah Penginapan, Singgung Segel dan Larangan Beroperasi

Pemerintah Kota Samarinda melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama stakeholder terkait akan melakukan pengawasan rumah

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA
Menyalahi aturan, salah satu rumah penginapan di Jalan Merdeka I, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, disegel oleh Sat Pol PP, Jumat (14/1/2022) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah Kota Samarinda melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama stakeholder terkait akan melakukan pengawasan rumah penginapan yang tidak mengindahkan aturan perkotaan. 

Disinggung mengenai sanksi bagi penyedia jasa rumah penginapan yang melanggar dari segi perizinan, Satpol PP angkat bicara. 

Melalui Kasatpol PP Samarinda, Muhammad Darham melalui Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Surono.

Dia menerangkan, pihaknya akan lebih dulu melakukan pendataan dan imbauan kepada pemilik dan pengelola untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Baca juga: Razia di Hotel Melati Samarinda, Belasan Orang Terciduk, Satpol PP akan Beri Sanksi 

Baca juga: RSIA JMB Samarinda Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis, Sebagai Kado HUT Kota Tepian

Baca juga: Belum Punya Izin, Pembangunan Kampus UT di Sungai Kunjang Distop Pemkot Samarinda

Misal, sebutnya, gedung penginapan sudah siap namun izinnya belum keluar, tetapi sudah beroperasi, maka akan diberi peringatan tegas lebih dahulu.

Jika dalam kurun waktu yang ditentukan belum juga memenuhi syarat, maka pihaknya tidak akan segan untuk memberikan sanksi berupa penyegelan dan larangan beroperasi.

"Tetapi sejauh ini para pengelola sudah kooperaktif dalam pengurusan izin dan mentaati aturan yang berlaku," ucapnya.

Seperti yang diketahui, bersama stake holder terkait, Sat Pol PP Samarinda melakukan razia penyakit masyarakat (Pekat) pada Jumat (14/1/2022) malam tadi.

Kali ini razia dilakukan di salah satu rumah penginapan berkedok indekos di Jalan Merdeka I, Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang.

Karena pihak pengelola tidak kooperaktif, Satpol PP langsung melakukan tindakan penyegelan dan pengamanan sampai memenuhi kriteria dan syarat yang berlaku.

"Tempat ini (yang disegel) adalah kos-kosan, tapi izinnya hotel. Saat kita minta surat-surat dan izin, pengelola tidak bisa menunjukan, jadi kami tindak tegas dengan pelarangab operasi," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved