Berita Balikpapan Terkini

Daftar Tunggu Haji Balikpapan 32 Tahun, Kemenag Perbolehkan Anak Usia 12 Tahun Daftarkan Diri

Antrean calon jemaah haji Balikpapan makin panjang imbas dua tahun berturut tak mengirimkan kloter ke Arab Saudi karena pandemi Covid-19.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Ilustrasi jemaah umrah asal Kalimantan Timur berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Antrean calon jemaah haji Balikpapan makin panjang imbas dua tahun berturut tak mengirimkan kloter ke Arab Saudi karena pandemi Covid-19.

Hal ini dibenarkan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Suharto Bajuri.

Ia mengatakan calon jemaah haji harus menunggu waktu hingga puluhan tahun. Daftar tunggu calon jamaah haji di Balikpapan saat ini sudah 32 tahun.

"Daftar haari ini nanti di tahun 2052 baru bisa berangkat,” ujarnya, Sabtu (5/3/2022).

Kendati demikian, Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan kini memperbolehkan anak usia 12 tahun mendaftarkan diri untuk ibadah haji.

Baca juga: Pemberangkatan Haji Tertunda, Daftar Tunggu Haji Balikpapan Capai 30 Tahun

Baca juga: Biaya Naik Rp 1 Juta, Ongkos Ibadah Haji Tahun Ini Diusulkan Rp 45 Juta Termasuk Biaya PCR

Hal tersebut dikarenakan daftar tunggu yang panjang. Akan tetapi, Kemenag Balikpapan berharap keberangkatan haji pada tahun ini bisa dibuka kembali.

"Karena panjang daftar tunggunya, jadi usia 12 tahun boleh. Ya, calon jemaah haji Kota Balikpapan ini cukup bersabar menunggu. Mudah-mudahan doa-doanya untuk ibadah haji ini bisa dijawab tahun ini," kata Suharto.

Sementara itu, soal kemungkinan ada calon jemaah haji yang meninggal selama pandemi Covid-19, Kemenag Balikpapan mengaku belum mendapatkan laporan.

“Belum ada laporan ke kita yang meninggal,” ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved