Kemah Jokowi di IKN

Anies Baswedan Gubernur Pertama yang Berikan Tanah dan Air ke Jokowi di IKN Nusantara

Kegiatan ritual penyatuan air dan tanah Nusantara di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara telah berlangsung, Senin 14 Maret 2022

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Budi Susilo
HO/SEKRETARIAT PRESIDEN RI
Gubernur Anies Baswedan menjadi pembuka dalam kegiatan, tanah dan air dari kampung aquarium menjadi yang pertama dituangkan dalam bejana atau kendi Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, lokasi titik nol IKN Nusantara, Senin (14/3/2022) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Kegiatan ritual penyatuan air dan tanah Nusantara di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara telah berlangsung, Senin 14 Maret 2022.

Sejumlah gubernur dari berbagai daerah di Indonesia hadir, membawa tanah dan air dari masing-masing daerah. 

Lokasi IKN Nusantara itu berada di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan penyatuan air dan tanah tersebut dipimpin langsung Presiden Joko Widodo yang mengenakan baju kemeja putih lengan panjang. 

Sebagai langkah yang pertama dalam pemberian air dan tanah kepada Presiden Joko Widodo, adalah Gubernur dari DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Baca juga: BREAKING NEWS Gubernur Kaltim Dampingi Jokowi dalam Prosesi Penyatuan Tanah dan Air di IKN Nusantara

Baca juga: Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara di Sepaku Titik Nol Ibu Kota Negara Dilangsungkan

Baca juga: IKN Nusantara di Kaltim Terapkan Smart City, Berikut Agenda Pelatihan SDM Bidang Siber

Dalam prosesinya, Gubernur Anies Baswedan menjadi pembuka dalam kegiatan, tanah dan air dari kampung aquarium menjadi yang pertama dituangkan dalam bejana atau kendi Nusantara tersebut.

Lalu disusul Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Perwakilan Gubernur Papua.

Gubernur D.I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menjadi orang keempat yang maju menuangkan tanah dan air ke bejana berwarna emas ini.

Dilanjutkan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca juga: Tanah dan Air yang Dibawa Gubernur Ganjar Pranowo untuk IKN Nusantara, Lambang Cinta Tanah Air

Lalu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang membawa tanah dan air dari Majapahit.

Setelah itu giliran Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Maluku Murad Ismail, lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang membawa air dan tanah dari 27 Kabupaten Kota dari wilayahnya.

Prosesi yang berlangsung hingga akhirnya diakhiri tanah dan air dari Isran Noor, dimana dambil dari dua Kesultanan di Bumi Mulawarman dengan melalui prosesi adat istiadat.

Bawa dari Kampung Akuarium

Berita sebelumnya, soal agenda kunjungan para gubernur di seluruh Indonesia ke kawasan Ibu Kota Negara Republik Indonesia yang baru. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved