Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Dorong Pemberdayaan Takmir dan Remaja Masjid

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, Pemkab Kukar terus mendorong ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, termasuk takmir dan remaja masjid.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Edi Damansyah saat me-launching usaha takmir, dibarengi gelar UMKM Masjid Sadjid Tenggarong. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, Pemkab Kukar terus mendorong ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, termasuk takmir dan remaja masjid.

"Kami ingin mendorong peran fungsi masjid, salah satunya adalah pemberdayaan jamaahnya lebih khusus lagi pemberdayaan takmir masjid serta perangkatnya dalam hal ini remaja masjid," ujarnya usai salat subuh berjamaah dengan masyarakat di Masjid KH Muhammad Sadjid Kelurahan Baru Kecamatan Tenggarong, baru-baru ini.

Bupati mengungkapkan, perjalanan lebih kurang dua tahun bersama H Rendi memimpin Kukar, tak terlepas dari dukungan semua komponen, salah satunya adalah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kukar.

Baca juga: Resmi Dikukuhkan, DWP UP Setkab Kukar Harus Berinovasi dan Berkreasi

Selanjutnya kata Edi, sebagai mitra pemkab, salah satu gerakan DMI Kukar adalah menetapkan dua masjid menjadi percontohan, yakni Masjid KH. Muhammad Sadjid Tenggarong dan Masjid Besar Al-Jamal Kota Bangun.

Kemudian memberikan penguatan kapasitas kepada Takmir dan Remaja Masjid, baik itu manajemen pengelolaan masjid maupun keterampilan.

Adapun salah satu kegiatan DMI Kukar yakni kerjasama dengan usaha Cendol Dawet Inyong, yang peresmiannya oleh Bupati Edi Damansyah dibarengi gelar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Masjid Sadjid Tenggarong.

Kegiatan yang bekerjasama dengan manajemen Dawet Inyong perwakilan Kaltim tersebut, ditandai dengan penyerahan simbolis perlengkapan (payung) usaha Dawet Inyong oleh Bupati Edi kepada tujuh mitra usaha DMI Kukar yang dilanjutkan peninjauan wisata belanja di area Masjid Sadjid.

"Ini harus didorong agar peran fungsi rumah ibadah, khususnya pemberdayaan masyarakat yang bagian dari pengentasan kemiskinan berjalan dengan baik di Kukar," harap Edi.

Baca juga: Kukar Punya Aplikasi Di Masjid, Bupati: Upaya Menyejahterakan Warga di Sekitar Masjid

Sementara Ketua Umum DMI Kukar H Muhammad Bisyron mengatakan ada lima program kerja DMI Kukar, salah satunya adalah Bena Kerakatan Masjid yang juga masuk dalam progran Kukar Idaman pada RPJMD 2021-2026.

Program Bena Kerakatan Masjid, kata Basyron bermitra dengan pihak-pihak di sekitar masjid.

"Contohnya pemberdayaan ekonomi bisa bermitra dengan Manajemen Dawet Inyong dan Bankaltimtara melalui Kredit Kukar Idaman untuk memanfaatkan program 25 juta per UMKM sehingga bisa berusaha di sekitar masjid," pungkasnya. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved