Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Sekda Hadiri Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Muara Badak, Bupati Minta Update Data Pelaku Ekraf

Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono menghadiri pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kecamatan Muara Badak di Mooara

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Kecamatan Muara Badak oleh Wakil Ketua Kekraf Kukar Akbar Haka, disaksikan Sekda Sunggono. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono menghadiri pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kecamatan Muara Badak di Mooara Food & Creative Space, Kecamatan Muara Badak, pekan tadi.

Kekraf Kecamatan Muara Badak diketuai Rudi Herawan.

Pengukuhan dilakukan oleh Wakil Ketua Kekraf Kukar Akbar Haka. Turut hadir Camat Muara Badak Arfan, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Muara Badak, serta beberapa kepala desa.

Baca juga: Penentu Proses Mudik, Sekda Kukar Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Desa Jembayan

Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Sunggono mengapresiasi camat dan komunitas di Muara Badak yang sudah membentuk kekraf tingkat kecamatan.

Menurutnya, Kekraf Muara Badak merupakan pertama di Kukar yang terbentuk dan dikukuhkan.

Bupati meminta agar kekraf kecamatan bisa membantu memberikan perkembangan data pelaku ekonomi kreatif di Muara Badak, sehingga update data pelaku dan komunitas kreatif di Kukar bisa terus terpantau.

"Komite sebagai wadah bagi komunitas dan pelaku ekonomi kreatif, bisa saling berinteraksi dan membangun jejaring mulai kecamatan lalu bisa berkembang ke tingkat regional sampai pada tingkat nasional, mulai dari proses kreasi sampai tahap konservasi," ucapnya.

Baca juga: Datangi Rumah Warga, Wabup Kukar Serahkan Minyak Goreng

Ini bagian dari salah satu program dedikasi Kukar Kreatif Idaman, yang sejalan dengan misi ketiga RPJMD dimana Pemkab Kukar melalui Dinas Pariwisata.

Mengenai Ekonomi Kreatif di Kukar, Sekda menyampaikan, tahun 2020 lalu telah disusun roadmap jalan ekonomi kreatif Kukar, namun masih di sembilan kecamatan.

Tahun ini akan dilanjutkan pada sembilan kecamatan lainnyaTerdapat tiga subsektor unggulan yaitu kuliner, kriya, dan seni pertunjukan, serta tiga subsektor potensial yaitu musik, film, serta animasi dan video. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved