Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Penentu Proses Mudik, Sekda Kukar Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Desa Jembayan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, pekan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Sekretaris Daerah Kukar Sunggono ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Desa Jembayan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, pekan tadi.

Vaksinasi disambut antusias warga setempat.

Baca juga: Datangi Rumah Warga, Wabup Kukar Serahkan Minyak Goreng

Dalam sambutannya, sekda mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan izin mudik 2022 dengan beberapa persyaratan yang berbeda pada tahun-tahun sebelumnya.

Masyarakat diperbolehkan mudik, namun dengan menjalankan protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi mulai dari dosis I, II dan booster.

Untuk itu menurut Sunggono, program vaksinasi massal terus digelar hingga tingkat desa/kelurahan, agar pandemi kekebalan tubuh masyarakat semakin meningkat sehingga dapat beraktivitas normal kembali

Sunggono menjelaskan, untuk mudik tahun ini status vaksinasi menjadi tolok ukur.

"Vaksinasi menjadi salah satu faktor yang menentukan izin mudik," ujarnya.

Baca juga: Bupati Edi Buka Pelatihan Meracik Pupuk Organik, Setiap Kelurahan Wajib Punya Kebun

Diterangkan Sunggono, bagi pemudik yang sudah divaksin dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR sebagai syarat perjalanan.

Sementara, yang sudah divaksinasi dosis II harus menunjukkan hasil negatif tes antigen, sedangkan yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap atau booster dibolehkan mudik tanpa perlu menunjukkan hasil tes PCR ataupun antigen.

Lebih lanjut Sunggono mengingatkan, pandemi Covid-19 masih berlangsung bukan hanya berdampak pada kesehatan, namun juga perekonomian masyarakat.

Baca juga: Kukar Targetkan Juara Umum, KONI Diminta Siapkan Atlet Jelang Porprov Kaltim

Untuk itu ia mengimbau masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi, mengajak orang terdekat yang belum divaksin untuk vaksinasi.

Selain itu, meski telah divaksin, Sunggono meminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved