PKT Proaktif Salurkan Bantuan Paket Ramadan 1443 H Senilai Rp 2,06 Miliar

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) melalui program PKT Proaktif salurkan bantuan paket Ramadan 1443 H senilai Rp 2,06 miliar sebagai wujud kepedulian

Editor: Diah Anggraeni
HO/PKT
PT Pupuk Kalimantan Timur melalui program PKT Proaktif menyalurkan bantuan paket Ramadan 1443 H senilai Rp 2,06 miliar sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam menjalankan ibadah selama bulan puasa. Bantuan secara simbolis diserahkan Direktur Operasi dan Produksi PKT, Hanggara Patrianta kepada Sekretaris Kota Bontang Aji Erlinawaty di Hotel Grand Equator Bontang, Selasa (19/4/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) melalui program PKT Proaktif salurkan bantuan paket Ramadan 1443 H senilai Rp 2,06 miliar sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam menjalankan ibadah selama bulan puasa.

Bantuan secara simbolis diserahkan Direktur Operasi dan Produksi PKT, Hanggara Patrianta kepada Sekretaris Kota Bontang Aji Erlinawaty di Hotel Grand Equator Bontang, Selasa (19/4/2022).

Diungkapkan Hanggara, bantuan ini sebagai wujud kedekatan perusahaan dengan masyarakat sekaligus implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sesuai UU Nomor 19 tahun 2003, yang salah satunya mengatur tugas BUMN dan anak usahanya sebagai agen pembangunan dengan berperan aktif berpartisipasi di masyarakat.

"Total bantuan paket Ramadan tahun ini terbagi dalam sebelas program, mulai dari kepedulian bagi masyarakat secara umum hingga bantuan pembangunan sarana ibadah serta dukungan peningkatan ekonomi Usaha Kecil dan Menengah (UMK)," ujar Hanggara.

Baca juga: Penuhi Listrik di Pulau Gusung, PKT Proaktif Salurkan Bantuan Genset Senilai Rp 240,6 Juta

Secara rinci, bantuan tersebut diantaranya Bazar Online Ramadan Baiturrahman bersama Borneos.co bagi UMK Bontang, dana pembangunan Pondok Pesantren Yayasan Raudlatul Ulum Kabupaten Kutai Timur senilai Rp 30 juta, bantuan renovasi mes musafir Ifthor Baiturrahman dan perlengkapan prokes Masjid Baiturrahman Rp49,3 juta, serta beasiswa pendidikan hafiz Quran bagi anak Rp 50 juta.

Selanjutnya bantuan dana operasional bagi sembilan panti asuhan di Bontang Rp 90 juta, bantuan pembangunan Musala At Taubah dan Ma'rifatullah Bontang Rp 100 juta, bantuan pembangunan 15 Masjid dan Musalla di berbagai wilayah Bontang Rp 140 juta, bantuan pembangunan mess musyrif RQB Masjid Al-Mubarok Bontang Rp 200 juta, pengadaan listrik dan genset bagi masyarakat Pulau Gusung Bontang Rp 240,6 juta, bantuan 2.000 Alquran untuk Masjid Baiturrahman dan Papua Barat Rp 250 juta, serta 3.300 paket sembako Ramadan bagi masyarakat Bontang Rp 914 juta.

"Bantuan ini merupakan wujud nyata kehadiran PKT, sekaligus jalinan silaturahmi antara perusahaan dengan masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini," tambah Hanggara.

Pada program ini, PKT turut memberdayakan UMK Binaan perusahaan untuk pengadaan seluruh kebutuhan paket yang disalurkan.

Mulai dari tas kemasan yang diproduksi oleh mitra binaan di bidang jahit, pengadaan beras dari petani binaan, termasuk sembako hingga makanan ringan.

Baca juga: Demplot PKT Tingkatkan Hasil Jagung Banjarbaru Kalsel hingga 63 Persen

Hal ini merupakan komitmen PKT untuk senantiasa memberdayakan UMK Bontang, sehingga mampu mandiri serta bangkit dan kembali berdaya pasca pandemi.

Pemberdayaan UMK binaan juga direalisasikan PKT setiap tahun, agar pelaku usaha kecil hingga mitra binaan bisa turut mendapat manfaat dari program ini sehingga mampu berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Hal ini juga bagian dari komitmen PKT untuk mendorong UMK kembali bangkit pasca pandemi, dengan memberikan peluang serta kesempatan bagi mitra perusahaan untuk pengadaan paket Ramadan," lanjut Hanggara.

Dirinya pun berharap bantuan PKT Proaktif ini menjadi berkah, serta membantu masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan Ramadan hingga Idul Fitri.

Ke depan, PKT akan terus berbuat bagi masyarakat serta meningkatkan kontribusi untuk memberi manfaat di berbagai sektor secara optimal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved