Berita Paser Terkini

Kantor Pos Tanah Grogot Temui Kendala Saat Penyaluran Bansos Sembako dan BLT Minyak Goreng

Bantuan tersebut menyasar 10 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur dengan jumlah penerima yang berbeda ditiap desanya

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kantor Pos Tanah Grogot, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER- Hingga kini, Kantor Pos Tanah Grogot masih terus berupaya menyalurkan, Bantuan Sosial (Bansos) Sembako dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng untuk 10.535 warga Kabupaten Paser.

Bantuan tersebut menyasar 10 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur dengan jumlah penerima yang berbeda di tiap desanya, Jumat (22/4/2022).

Kepala Kantor Cabang Tanah Grogot, Samuel Niko Raharjo menyampaikan pihaknya terus memaksimalkan penyaluran bantuan di tiap kecamatan.

"Rata-rata per kecamatan juga sudah di atas 90 persen untuk penyalurannya pada tiap kecamatan," kata niko saat ditemui TribunKaltim.Co di ruang kerjanya.

Sejauh ini, Ia mengaku terdapat beberapa kendala yang dialami sehingga penyaluran bantuan belum mencapai 100 persen.

Baca juga: CAIR! BLT Minyak Goreng dan Bantuan Sembako Rp 500 Ribu, Kriteria Penerima Bansos

Baca juga: Cair! Login eform.bri,co.id/bpum 2022 Link untuk Cek Daftar Penerima BLT UMKM 2022 April Rp 600 ribu

Baca juga: Penyaluran Bansos Sembako dan BLT Minyak Goreng di Paser Sudah Capai 90 Persen

"Karena ini Bulan Puasa, petugas juga pada puasa semua dan itupun kita masih tetap jalan untuk penyalurannya," terangnya.

Selain itu, letak geografis di wilayah Kabupaten Paser yang tiap kecamatannya harus menempuh jarak yang jauh dari ibu kota kabupaten.

Ditambah, kondisi jalan yang agak susah untuk dilalui kendaraan sehingga mempengaruhi penyaluran bantuan.

"Walaupun wilayahnya agak susah-susah atau terbilang ekstrem, kita tetap kesana untuk memaksimalkan realisasi. Kalau masyarakat yang datang dari jauh, kasihan juga kita kalau mereka datang kesini, biayanya kesini mungkin lebih besar dari biaya bantuannya," urai Niko.

Jika tenggat waktu penyaluran 25 April 2022, Bansos maupun BLT belum tersalurkan 100 persen, maka akan ada berita acara di tiap desa.

Data tersebut nantinya, kata Niko akan di update statusnya sesuai dengan berita acara yang disampaikan oleh pihak desa maupun kecamatan.

"Entah itu yang bersangkutan itu meninggal dunia atau pindah domisili, itulah yang kami update statusnya. Jadi tidak tersalur dengan keterangan, sesuai informasi yang disampaikan oleh pihak desa maupun kecamatan," tandasnya.

Dari 10 ribu lebih penerima bantuan yang terdaftar, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) paling banyak di wilayah kecamatan Long Kali dengan 1.903 penerima.

"Kecamatan Long Ikis ada 1.600 penerima, sementara di Kecamatan Tanah Grogot sebanyak 1.555 penerima," sambung Niko.

Kemudian di Kecamatan Pasir Belengkong terdapat 1.350 penerima, Kuaro 1.024 penerima, Batu Engau 990 penerima, dan Tanjung Harapan 946 penerima.

Baca juga: Akses Laman Eform.bri.co.id/bpum Lalu Login untuk Tahu Penerima BLT UMKM Rp 600 Ribu 2022

"Kecamatan lainnya, seperti Muara Komam sebanyak 623 penerima, Batu Sopang 338 penerima, dan Muara Samu 221 penerima," tutup Kepala Cabang Kantor Pos Tanah Grogot.

Adapun besaran yang diterima KPM sebanyak Rp 500 ribu, dengan rincian Bansos Sembako Rp 200 ribu dan BLT Minyak Goreng mencakup 3 bulan sebanyak Rp 300 ribu. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved