Wujudkan Kemandirian Usaha, PKT Dorong UMK UMK Miliki Registrasi Produk dan Izin Edar BPOM

Dorong kemandirian pelaku usaha mikro kecil (UMK) di Kota Bontang, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bekerja sama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan

Editor: Diah Anggraeni
HO/PKT
Dorong kemandirian pelaku usaha mikro kecil di Kota Bontang, PKT bekerja sama dengan BBPOM Samarinda menggelar pendampingan registrasi produk dan izin edar bagi 80 UMK yang bergerak di sektor makanan olahan. Kegiatan berlangsung di Aula Koperasi Karyawan PKT pada Selasa (19/4/2022) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Dorong kemandirian pelaku usaha mikro kecil (UMK) di Kota Bontang, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bekerja sama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Samarinda, gelar pendampingan registrasi produk dan izin edar bagi 80 UMK yang bergerak di sektor makanan olahan.

Kegiatan berlangsung di Aula Koperasi Karyawan PKT, Selasa (19/4/2022).

VP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PKT Anggono Wijaya mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung pengembangan pelaku UMK Bontang agar lebih berdaya saing, sekaligus mendorong terciptanya produk yang memenuhi syarat mutu dan keamanan konsumsi bagi masyarakat.

Baca juga: Cegah Penyelewengan Pupuk Subsidi, PKT Gandeng Kejati Kaltim Gelar Sosialisasi

Para peserta tak hanya dari mitra binaan PKT, tapi juga berbagai UMK yang bergerak di bidang makanan olahan yang ada di Kota Bontang.

"Melalui kegiatan ini, para pelaku usaha didorong untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam menerapkan tata cara produksi makanan olahan yang baik serta aman bagi konsumen," ujar Anggono.

Menurut Anggono, pelatihan ini bagian dari realisasi TJSL PKT sesuai arahan Kementerian BUMN yang berfokus pada 3 program prioritas yakni pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK di berbagai bidang. Dari pendampingan yang dilakukan, wirausaha yang profesional dalam pengelolaan usaha diharap semakin tumbuh dan berkembang di Kota Bontang, sehingga mampu mendongkrak daya saing dan peluang UMK untuk lebih maju dan sejahtera.

Selain itu pendampingan melalui strategi komunikasi, informasi dan edukasi terkait obat dan makanan juga dinilai penting, guna meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan yang dikonsumsi masyarakat serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaku UMK tentang dampak maupun risiko standar mutu dan keamanan konsumsi dari produk yang dihasilkan.

"Maka dari itu, penting adanya pemahaman dan kemampuan pelaku UMK untuk menerapkan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), sehingga kedepan bisa mendapatkan izin edar BPOM MD maupun SPP-IRT sebagai jaminan atas produk yang dihasilkan," terang Anggono.

Baca juga: Semangat Kartini, Mitra Binaan PKT Ini Sukses Kembangkan Tanaman Obat Keluarga Beromset Ratusan Juta

Pembinaan UMK Bontang yang sejauh ini digencarkan PKT tak hanya berupa pendampingan kontinyu kapasitas usaha, tapi juga memberikan nilai tambah dengan peningkatan peluang dan potensi pasar.

Salah satunya melalui ekosistem digital dengan menghadirkan marketplace borneos.co, agar pelaku UMK mampu menjangkau pasar dengan lebih luas sekaligus meningkatkan penjualan dari produk yang dihasilkan.

Tercatat ratusan UMK lokal Bontang yang tergabung dalam aplikasi tersebut, tetap mendapatkan penghasilan selama saat pandemi Covid-19.

Program ini wujud komitmen PKT mendukung visi misi Kota Bontang dalam mewujudkan UMK yang tangguh di bidang ekonomi, pemasaran dan SDM, mengingat marketplace ini tak sekadar wadah untuk penjualan dan promosi, tapi juga membekali kapasitas pelaku usaha dengan berbagai pembinaan serta pendampingan mulai dari kemampuan digital marketing hingga promosi dan finance management.

"Marketplace ini akan terus dikembangkan PKT secara terintegrasi sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga kemudahan akses yang ditawarkan memberikan dampak lebih signifikan dalam pembinaan UMKM yang tergabung di dalamnya," tambah Anggono.

Baca juga: Dorong Produktivitas Padi, PKT Bekali Petani Binaan Teknik Budi Daya Terpadu

Sesuai roadmap Community Development PKT dalam mendorong kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, pembinaan serta pendampingan UMK juga dilaksanakan secara terukur untuk pengembangan sektor usaha dalam masa waktu tertentu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved