Berita Kaltim Terkini

Sinergigas BNNP Kaltim dan Bea Cukai Ungkap Pengiriman 3 Kilogram Lebih Ganja

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur (Kaltim), kembali melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis ganja 1,785 Gram

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA
Proses pemusnahan barang bukti ganja seberat 1,785 gram brutto di BNNP Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur (Kaltim), kembali melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis ganja sebanyak 1,785 Gram Brutto, Kamis (19/5/2022).

Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Wisnu Andayana melalui Kepala Bidang Pemberantasan Kombes Pol Djoko Purnomo menerangkan bahwa, barang bukti tersebut merupakan hasil pengungkapan dari tim gabungan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan dan Bea Cukai Balikpapan.

Di mana, kala itu dari hasil pemeriksaan Customs (Bea Cukai) Balikpapan mencurigai sebuah paketan dus yang dibawa oleh seorang pria berinisal SE (45), di salah satu Kantor Ekspedisi di wilayah Balikpapan Selatan, Rabu (23/5/2022) lalu.

"Kita turun memeriksa, benar paketan tersebut berisi ganja seberat 1,785 gram brutto," terang Kombes Pol Djoko Purnomo.

Baca juga: BNNP Kaltim Musnahkan Sabu 1 Kilogram di Samarinda, Terbesar dari Jaringan Narkoba Antarprovinsi

Baca juga: BNNP Kaltim Beber Warga Masih Pasif dalam Memberi Informasi Penyalahgunaan Barang Haram

Baca juga: BNNP Kaltim Bekuk 3 Pelaku Jaringan Sindikat Narkoba, 2 Orang Dikenal sebagai Residivis

Setelah dilakukan pengembangan, lanjutnya, diketahui barang tersebut merupakan pesanan RY (33) melalui penghubungnya AS (38).

"Barang tersebut dikirim dari Medan, Sumatera Utara. Nilainya Rp 4 juta," bebernya.

Tidak sampai di situ, Kombes Pol Djoko Purnomo juga membeberkan bahwa, tersangka SE dan RY juga melakukan pemesanan ganja dari Jakarta melalui jasa ekspedisi berbeda yang tiba pada Rabu (30/3) dengan berat 2,181 gram brutto, nilai Rp 6 juta.

"Mereka mengirim melalui transportasi laut. Dibungkus seperti paketan biasa," jelasnya.

"Untuk peredarannya mereka memiliki kominitas. Dengan jumlah yang banyak, pasti akan diecer dan akan disebar ke kota lain selain Balikpapan," imbuhnya.

Kemudian dihadiri oleh jajaran Polresta Samarinda, Kemenkumham, Bea Cukai serta BNNK Balikpapan serta ketiga tersangka, ganja kering tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dalam wadah khusus.

Baca juga: Narkotika Serang Kaum Pelajar, Kepala BNNP Kaltim Salahkan Orang Dewasa di Sekitarnya

"Para tersangka dikenakan Pasal 111 ayat (2), Pasal 114 ayat (2) Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved