Berita Pemkab Mahakam Ulu

Lagi, Pemkab Mahulu Raih Predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh menerima predikat WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim Dadek Nandema di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Kaltim, Jalan M. Yamin Nomor 19 Samarinda, Rabu (18/05/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) untuk ketiga kalinya secara beturut-turut, terhitung atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Mahakam Ulu yang disajikan Tahun Anggaran 2019, 2020 hingga 2021.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK dengan opini WTP diterima oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH., ME yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim Dadek Nandemar, S.E., MIT., Ak., CSFA., CA., CFE.

Turut mendampingi Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE., MBA dan secara bersamaan dengan penyerahan LHP Pemerintah Kota Bontang, di Ruang Auditorium Lantai II Kantor BPK RI Perwakilan kaltim Jl. M. Yamin No.19 Samarinda, Rabu (18/05/2022).

Baca juga: Hadiri Perayaan Syukur Tahbisan Imamat dan Episcopal Uskup Agung, Bupati Mahulu Ucapkan Terima Kasih

Bupati Bonifasius usai menerima LHP dari BPK menyampaikan apresiasi kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim dan Tim Pemeriksa serta jajarannya.

"Izinkan saya memberikan apresiasi kepada Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Kaltim dan Tim Pemeriksa BPK beserta seluruh jajaran, yang telah sangat berperan mendorong pemkab Mahulu dalam pengelolaan keuangan yang transparan, bersih dan akuntabel agar terciptanya pemerintahan yang baik (good governance) sesuai yang diamanatkan UU 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara," kata bupati.

Lanjut Bupati, setelah proses yang panjang sampailah pada Penyerahan LHP atas LKPD Kabupaten Mahulu Tahun Anggaran 2021 ini.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala masukan, catatan dan langkah-langkah perbaikan LHP atas LKPD Kabupaten Mahakam Ulu Tahun Anggaran 2021," kata bupati lagi.

Baca juga: Jaringan Internet di Mahulu Tidak Stabil, Wabup Berharap Bantuan Kementerian Kominfo

Bupati mengungkapkan, hasil pemeriksaan ini harus dipandang sebagai kebutuhan wajib dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, terutama terkait dengan penganggaran selanjutnya sehingga dinamika penyelenggaraan pemerintahan bisa semakin lebih baik, khususnya dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah melalui APBD, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pengawasan dan pelaporan.

"Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya pemeriksaan dilakukan bukan untuk mencari kesalahan. Tapi lebih daripada itu, pemeriksaan memberikan dampak positif bagi kami khususnya dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah yang akuntabel," ungkap Bupati.

Sementara itu Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim Dadek Nandemar, S.E., MIT., Ak., CSFA., CA., CFE menuturkan, permasalahan yang diungkap dalam temuan pemeriksaan agar segera ditindaklanjuti sesuai dengan rencana aksi yang telah disepakati.

Baca juga: Bupati Pimpin Rapat Penyempurnaan RKPD 2023, 10 Program Aksi Jadi Rujukan Pembangunan di Mahulu

Ia berharap agar hasil pemeriksaan tersebut dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

Hadir pula mendampingi Bupati Mahulu, Kepala BPKAD Mahulu Yohanes Andy Abeh, S.Sos., M.Si. dan Inspektur Inspektorat Mahulu Budi Gunarjo Ompusunggu, S.E.,Ak.,M.M.,CA.,AAP.,CFrA.,CGCAE. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved