Berita Kaltim Terkini

Kemendikbudristek Bincang Santai Bareng Seniman Kaltim, Tingkatkan Potensi Seni Daerah

Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM
Kegiatan bincang-bincang santai bareng seniman di rumah dahor Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Selasa (24/5/2022) sore. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun Anggaran 2022 selenggarakan kegiatan Festival Komunitas Seni Media di wilayah Kalimantan Timur.

Dalam mendukung kegiatan tersebut, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Kaltim Kemendikbudristek.

Kali ini menyelenggarakan kegiatan Bincang Komunitas Seni Daerah Prioritas Kalimantan Timur yang diselenggarakan di Cagar Budaya, Rumah Dahor Kota Balikpapan pada Selasa (24/5/2022).

Pada kegiatan tersebut ada beberapa hal yang menjadi fokus utama pembahasan bincang-bincang bersama dengan komunitas lintas seni yang khususnya berada di Balikpapan.

Baca juga: 104 Taruna dan Taruni AAL Kunjungi Rumah Dahor Balikpapan

Baca juga: Finalis Putra Putri Kebudayaan Balikpapan Wisata ke Rumah Dahor, Kenali Sejarah Minyak

Baca juga: 2 Tahun Terakhir, 6 Kali Longsor Landa Jalan Dahor Balikpapan, DPRD Minta Alokasikan Anggaran

Tubagus Andre selaku Kepala Pokja Seni Media dan Arsip, Direktorat Perfilman Musik dan Media Kemendikbudristek menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan.

Tujuannya guna mendengar masukan-masukan serta memecahkan permasalahan terkait kendala-kendala yang dihadapi oleh para pelaku seni, khususnya di Kota Balikpapan.

"Kami ingin mendengar masukan dan sekaligus pengalaman dan juga pemetaan termasuk juga mungkin jika ada kendala terkait dengan pemajuan kebudayaan, khususnya di Balikpapan," ungkapnya saat ditemui TribunKaltim.co pada kegiatan tersebut.

"Salah satu objek pemajuan kebudayaan itu ada di bidang seni," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Andre ini juga menyebutkan ingin mengetahui eksistensi para pelaku seni dan mendukung upaya-upaya dalam hal meningkatkan potensi-potensinya.

"Kami ingin mendengar sejauh mana eksistensinya baik itu dalam hal perlindungan terhadap karya-karya seni maupun dalam hal mengembangkan, memanfaatkan dan juga membina SDM atau insan-insan kreatif di Balikpapan ini dalam meningkatkan potensinya," terangnya.

Baca juga: Belajar Sejarah di Rumah Cagar Budaya Dahor Heritage, Nostalgia Balikpapan di Zaman Hindia Belanda

Setelah adanya kegiatan bincang-bincang ini diharapkan akan terwujudkan kerja sama antara para pelaku seni dan juga para instansi dan stakeholder terkait dalam mendukung industri kesenian.

"Setelah kami mendengar ini, tentunya kami ingin adanya sinergitas dan kerjasama, kira-kira apa yang perlu kami dukung sesuai tugas dan fungsi kami," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved