Berita Kukar Terkini

Distanak Kukar Benahi Jaringan Irigasi Untuk Target Panen Padi Tiga Kali Setahun

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sedang mempersiapkan sasarana dan prasarana untuk merealisasikan program penanaman

Penulis: Aris Joni | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/a
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, Sutikno.TRIBUNKALTIM.CO/ARIS 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sedang mempersiapkan sasarana dan prasarana untuk merealisasikan program penanaman padi tiga kali dalam setahun (IP3).

Kepala Dinas Oertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, Sutikno menegaskan, pihaknya terus mengawal program yang merupakan visi misi Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin, untuk adanya tiga kali musim tanam padi dalam setahun di Kukar.

"Belum kita laksanakan, tahun ini masih ada pembenahan syarat-syarat yang harus kita penuhi," ujarnya kepada Tribunkaltim.co, Rabu (25/5/2022).

Ia menerangkan, Kukar saat ini masih menerapkan dua kali musim tanam dalam setahun (IP2), kedepan pihaknya menyasar program IP3 untuk percepatan peningkatan produksi pertanian di Kukar.

Baca juga: Satu Atlet Anggar Asal Kukar Raih Medali di SEA Games 2022 Vietnam

Baca juga: Pemkab Kukar Komitmen Fasilitasi Sertifikasi Halal UMK

Baca juga: Percepat Penyelesaian Laporan Masyarakat, Pemkab Kukar-Ombudsman Bentuk Focal Point

Oleh karena itu kata Sutikno, pihaknya saat ini sedang menjalankan program sarana prasarana pertanian yang menjadi syaray menuju IP3, seperti memenuhi ketersediaan air untuk padi sawah dengan melakukan perbaikan jaringan irigasi.

"Alhamdulillah tahun ini sudah progres dan sudah mulai dikerjakan di Kecamatan Sebulu di Desa Manunggal Daya, Tenggarong dan Loa Kulu. Sudah dikerjakan tahun ini," jelasnya.

Sutikno membeberkan, untuk tahun 2022 ini pihaknya menganggarkan sekitar Rp 39 mikiar untuk keperluan jaringan irigasi, jakan usaha tani, parit dan embung.

"Tapi kalau jalan usaha tani masih kontrak," katanya.

Ia menambahkan, dirinya menaegetkan tahun ini atau tahun 2023 mendatang IP3 sudah bisa dijalankan.

Baca juga: Proyek Jumelai PT PHM Mulai On Stream Mendukung Peningkatan Produksi Gas di Kukar

Namun, pihaknya melakukan pembenahan terkait sarana dan prasarananya terlebih dahulu.

"Harus dibenahi dulu infrastrukturnya, tidak bisa serta merta. Karena bisa aja ada faktor X ysng tidak bisa dipaksanakan. Makanya kita persiapkan dulu ketersediaan airnya, jadi kami bangun embubg, jaringan irigasi untuk memenuhi ketersediaan air. Itu dulu yang penting," pungkasnya.(*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved