Berita Kukar Terkini

Pemkab Kukar Harapkan Program BIAN Bisa Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Kukar

Saat ini peningkatan derajat kesehatan masyarakat merupakan upaya yang harus dilakukan secara kontinyu.

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq
HO/Prokom Setkab Kukar
Sekda Kukar Sunggono menghadiri kegiatan pembukaan program BIAN di SD Negeri 035 Tenggarong. HO/Prokom Setkab Kukar 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Saat ini peningkatan derajat kesehatan masyarakat merupakan upaya yang harus dilakukan secara kontinyu.

Berbagai program dan kegiatan terus dirancang oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Hal itu juga diungkapkan Sekretaris Daerah saat membuka kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 di SD Negeri 035 Tenggarong, Jumat (10/06/2022) lalu.

Padahal, kata Sunggono, pada pencanangan BIAN Tahun 2022 ini, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah ingin adanya peningkatan derajat kesehatan masyarakat lebih maksimal lagi.

"Pemda saat ini terus melakukan langkah konkrit dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya pencegahan penyakit melalui program imunisasi yang telah diprogramkan secara rutin, secara signifikan program imunisasi yang telah dilaksanakan selama ini telah mampu mencegah penyakit tertentu yang dapat dicegah dengan imunisasi," ujarnya dalam rilis Prokom Setkab Kukar, Minggu (12/6/2022).

Baca juga: Bupati Kukar Minta Semua Warga Sukseskan Program BIAN, Berikut Jadwal Imunisasi Posyandu Loa Janan

Namun, ucapnya, dengan adanya pandemi Covid-19 dan perkembangan penyakit serta berubahnya jenis virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit, sehingga program pencegahan juga harus terus menyesuaikan dengan hal yang ada.

Sunggono juga menuturkan, dengan program percepatan pencegahan penyakit melalui kegiatan BIAN dengan sasaran pada kelompok usia 9 -12 tahun yang secara khusus akan diberikan imunisasi tambahan campak-rubella serta melengkapi dosis imunisasi polio, dan DPT, HB, Hib yang terlewat dan akan dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan, sekolah maupun pos-pos imunisasi. 

"Melalui kegiatan BIAN ini, diharapkan akan dapat mengejar ketertinggalan capaian imunisasi yang menurun selama pandemi Covid-19," katanya.

Sunggono menambahkan, dengan sisa waktu pelaksanaan BIAN maka perlu dirancang strategi percepatan agar target sasaran dapat dicapai secara maksimal kepada seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat.

Baca juga: Dinkes Kukar Kebut Capaian BIAN, Ditarget Rampung 95 Persen pada 18 Juni 2022

Pemda juga mengharapkan partisipasi aktif dan keterlibatannya dalam upaya percepatan pencapaian cakupan pelaksanaan BIAN.  

"Mari kita bersama lindungi anak-anak kita dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dengan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan BIAN tahun 2022, lindungi diri kita dari kesakitan dan kecacatan akibat penyakit campak rubella,"'ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved