Berita Berau Terkini

Residivis Kasus Pencurian Kembali Ditangkap Polisi Berau

Seorang pria di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ditangkap polisi karena kasus dugaan pencurian sepeda motor milik warga

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Pelaku ID yang berhasil diringkus oleh personel Polres Berau.  

TRIBUNKALTIM.CO. TANJUNG REDEB - Seorang pria di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ditangkap polisi karena kasus dugaan pencurian sepeda motor milik warga.

Pelaku adalah warga Jalan Durian II, Kecamatan Tanjung Redeb berinisial ID (34).

Dia kembali diringkus oleh aparat Polres Berau setelah melakukan pencurian sebuah sepeda motor pada Jumat (28/5/2022) sekitar pukul 05.00 Wita lalu.

Kasat Reskrim Polres Berau, AKP Ferry melalui KBO Reskrim, IPTU Budi Raharjo didampingi Kaur Identifikasi, IPDA Siswanto menuturkan, jika kejadian pencurian terjadi saat istri korban bangun untuk membersihkan rumah dan beres-beres rumah sambil menyapu diruang tamu.

Baca juga: Polres Berau Ringkus 3 Tersangka Kasus Pencurian di 2 Tempat Berbeda

Baca juga: Kronologi Curanmor di Bekasi Pakai Begal, Motor Dijual Rp 2,5 Juta Buat Jualan Bakso

Baca juga: Melawan Polisi, AH Pelaku Pembakaran Motor dan Residivis Curanmor di Berau Dihadiahi Timah Panas

“Kemudian saat istri korban menyapu sampai halaman rumah dan membuka pintu, istri korban tidak melihat motor milik korban tersebut terparkir didepan rumah,” ungkapnya kepada TribunKaltim.co, Senin (20/6/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, karena tidak melihat motor yang biasa terparkir di depan rumah, istri korban masuk kamar dan membangunkan korban untuk memberitahukan kejadian tersebut.

Setelah bangun, istri korban bertanya keberadaan motor dan korban memberitahu jika motor ada diluar rumah.

“Karena melihat kunci motor tergantung di dalam rumah dan motor tak ada di luar, korban pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Berau,” ujarnya.

Baca juga: Niat Hati Bantu Korban Curanmor di Samarinda, Pemuda ini Justru Harus Bayar Ganti Rugi Rp 2,5 Juta

Budi menambahkan jika pelaku merupakan residivis yang sudah pernah masuk penjara dengan kasus yang sama.

Sebelum tertangkap, pelaku diketahui sudah melakukan aksi serupa selama 5 kali di Berau dan 5 kali di Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

“Selain itu pelaku juga melakukan aksi penggelapan. Motor hasil curian dijual pelaku ke luar Tanjung Redeb dan uang hasil penjualan barang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.

Beberapa kasus pencurian yang terjadi dilakukan pelaku dengan menggunakan kunci T dan ada beberapa yang didorong selanjutnya dibuatkan kunci duplikat.

“Akibat perbuatannya, pelaku terancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah,” pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved