Berita Pemkab Berau

Revitalisasi Bangunan Bersejarah di Berau Dimulai 2023

Pemkab Berau berencana merevitalisasi bangunan bersejarah yang ada di Bumi Batiwakkal. Hal ini sebagai salah satu langkah melindungi warisan budaya.

Editor: Diah Anggraeni
Tribunkaltim.co/Renata Andini Pangesti
Bupati Berau Sri Juniarsih bersama Wabup Gamalis dan rombongan berkunjung ke Keraton Batiwakkal Gunung Tabur. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebagai salah satu langkah melindungi warisan kebudayaan masa lampau di Kabupaten Berau, pemkab berencana merevitalisasi bangunan bersejarah yang ada di Bumi Batiwakkal.

Bupati Berau Sri Juniarsih menuturkan, Kabupaten Berau memiliki berbagai destinasi wisata budaya berupa bangunan sejarah yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Bangun tersebut mempunyai nilai sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Maka untuk peningkatan destinasi pariwisata sejarah di Kabupaten Berau, perlu ditunjang melalui program prioritas," ujarnya, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Pemprov Hibahkan Rp 50 Miliar untuk Porprov VII, Berharap Bangun Venue Baru di Berau

Bahkan menurut, Sri Juniarsih wisata bangunan bersejarah yang tampak terawat dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Semuanya harus dilestarikan demi keberlanjutan nilai sejarah bertahan dengan baik," ucapnya.

Sri Juniarsih mengakui telah menganggarkan revitalisasi bangunan bersejarah pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 mendatang.

"Pemkab Berau berkomitmen agar situs tersebut segera direvitalisasi. Ya insyaallah tahun depan masuk dalam anggaran murni, sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk melestarikannya," ucapnya.

Terpisah, Wakil Bupati Berau Gamalis menambahkan, revitalisasi yang dilakukan tidak merusak intisari pelestarian dan mampu memberikan keuntungan kepada lingkungan masyarakat sekitar dari segi sosial, budaya dan ekonomi.

Harapannya dengan pandemi Covid-19 yang semakin terkendali, kunjungan wisata budaya sejarah di Kabupaten Berau akan meningkat.

"Pengunjung yang datang bisa betah berlama-lama di museum dan datang kembali,” ujarnya.

Baca juga: Bupati Juniarsih Diskusi dengan Warga Terkait Distribusi Air Bersih ke RT 20 Sambaliung

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved