Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Komitmen Dukung KaTa Kreatif

Bupati Edi Damansyah mendukung program kerja pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia di wilayah Kukar.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Asisten II Pemkab Kukar, Wiyono bersama Koordinator Klaster Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Elizabeth Tioria Gurning pada pembukaan Workshop Pengembangan KaTa Kreatif. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) sangat mendukung program kerja pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia di wilayah Kukar dan berkomitmen tinggi untuk mewujudkannya.

"Hal itu tertuang dalam visi misi Kepala Daerah Kukar, salah satu prioritas utamanya adalah memperkuat pembangunan ekonomi yang berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif, " ujar Asisten II Pemkab Kukar, Wiyono saat menyampaikan sambutan Bupati Edi Damansyah, pada pembukaan Workshop Pengembangan KaTa Kreatif di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Wabup Sampaikan KUA-PPAS 2023 dan Realisasi Semester Pertama APBD, Kembangkan Tiga Fokus Pembangunan

Dikatakan Wiyono, Pemkab Kukar juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemprov Kaltim yang sudah membina dan mendampingi Pemkab Kukar hingga menjadi salah satu bagian dari KaTa Kreatif.

Dalam rumusan kebijakan dan perencanaan serta pelaksanaan pembangunan didaerah, selalu memperhatikan, melibatkan dan mendukung partisipasi aktif dan komunitas pelaku ekonomi kreatif di daerah.

Adanya pandemi Covid-19, jumlah wisatawan yang masuk ke Kukar mengalami penurunan yang drastis, sehingga berdampak penurunan pendapatan di Kukar.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk memperbaiki dan menginovasi program kerja dalam pelaksanaan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah, sebagaimana program Kukar Kaya Festival dan program Kukar Kreatif Idaman, menyediakan ruang kreatif bagi pelaku komunitas kreatif.

Seperti mengikuti gerakan nasional bangga buatan Indonesia di Samarinda dengan menampilkan produk unggulan ekonomi kreatif, griya, desain grafis, fashion, musik, film dan makanan olahan dari Kabupaten Kukar yang berpartisipasi di event virtual Festival 3 Danau yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim.

Baca juga: Kunjungan Tim Kajian Daerah Setjen Wantannas, Pemkab Perkenalkan Program “Terang Kampongku”

Sementara Koordinator Klaster Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI Elizabeth Tioria Gurning mengatakan, workshop di Kukar adalah yang ke 23, perjuangan Kabupaten Kukar menjadi KaTa Kreatif hingga akhirnya bisa masuk 10 penetapan KaTa Kretaif di tahun 2019 dan sekarang sudah ada 21 kata kreatif.

Selanjutnya, kata Elizabet, dengan membuat Marketplace dan Website untuk mencantumkan pelaku ekraf agar daerah lain kenal yang namanya Kukar.

Adapun pemateri yaitu Sutradara dan Kreatif Konseptor pada pagelaran Harmoni Kreatif Indonesia di Jakarta, Coco Night II di Davos Swiss, Remarkable Indonesia di London United Kingdom serta sutradara wanita pertama Indonesia yang mempertontonkan karyanya di Lincoln Center yaitu Mhyajo. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved