Berita Pemkab Mahakam Ulu

PLN Sumkal Siap Survei ke Mahakam Ulu

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh audiensi dengan Direktur Bisnis PLN Sumkal sebagai upaya peningkatan optimalisasi jaringan listrik.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh didampingi Sekretaris Daerah Stephanus Madang melakukan audiensi dengan Direktur Bisnis PLN Sumkal, di Kantor Pusat PLN Jakarta, Selasa (26/7/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Mengupayakan peningkatan dan pengembangan optimalisasi jaringan listrik di ibu kota Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E. melakukan audiensi dengan Direktur Bisnis Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sumatera Kalimantan (Sumkal), di Kantor Pusat PLN Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Saat audiensi tersebut Bupati Bonifasius didampingi Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M. menyampaikan, Kabupaten Mahulu merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat yang beribu kota Ujoh Bilang, terdiri dari 5 kecamatan dan 50 kampung dengan jumlah penduduk 35.010 jiwa serta luas wilayah 18.461 km2.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan Telekomunikasi di Mahakam Ulu, Bupati Bonifasius Audiensi dengan Bakti Kominfo

Kabupaten Mahulu yang sudah menginjak 8 tahun saat ini, namun belum semua wilayah terlayani melalui listrik PLN.

Di antara 5 kecamatan, untuk ibu kota kecamatan masih 1 kecamatan yang belum berlistrik PLN, yaitu Kecamatan Laham dan untuk layanan listrik dari 50 kampung saat ini baru 22 kampung yang diterangi listrik PLN.

Sedangkan 28 kampung lainnya masih menggunakan sumber-sumber listrik lainnya seperti genset, PLTS, PLTS komunal, bahkan ada rumah tangga yang sama sekali tidak memiliki listrik.

"Kami berharap sinergitas antara Pemkab Mahulu dengan PLN dalam membangun dan mengembangkan kelistrikan di Mahulu. Kami dapat disupport dan dibantu dalam kebutuhan layanan listrik yang masih kurang," ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Bonifasius menjelaskan, Mahulu yang berada di wilayah perbatasan terus berupaya dalam mempercepat pembangunan infrastruktur, terutama sarana dan prasana dengan dapat meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

"Besar harapan kami, terpasang jaringan listrik dalam kawasan perkantoran untuk Kantor Bupati, DPRD, dan Bappeda dengan kapasitas 2300 KVA serta kawasan perkantoran semipermanen kapasitas 500 KVA, untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kami sangat berharap support proyeksi kebutuhan listrik di kawasan pusat perkantoran Pemkab Mahulu agar tahun depan tiga perkantoran ini dapat segera digunakan," ucap Bupati Mahulu.

Baca juga: Bupati Sampaikan Aspirasi Terkait Program Pembangunan di Mahakam Ulu kepada Wagub Kaltim

Menanggapinya, Direktur Bisnis Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sumatera Kalimantan (Sumkal), yang diwakili oleh EVP Perencanaan dan Pengendalian Regional Sumkal Supriyadi mengatakan, kebutuhan pelayanan listrik di Kabupaten Mahulu ini bukan masalah besar.

Semua kebutuhan yang disampaikan itu akan dicatat, dan segera di-follow up.

"Kami akan survei ke sana untuk melihat kondisinya, sebanyak apa kebutuhan pelayanan jaringan listrik yang sebenarnya dibutuhkan. Karena melihat dari kebutuhan listrik yang dibutuhkan ini 2300 KVA sangat besar, untuk keseluruhannya kami akan mempersiapkan semua yang dibutuhkan," tuturnya

Turut Hadir dari Pemkab Mahulu Kepala Bappelitbangda Gerry Gregorius, S.E., M.Si.SK; Plt. Kepala Dinas PUPR Margono,S.T.,M.Si.

Dari Kantor Pusat PLN VP Perencanaan Sistem Regional Sumkal, Abdul Rohim, VP Distribusi Regional Sumkal, Nursuratmoko. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved