Berita Pemkab Mahakam Ulu

Wabup Buka Workshop Perencanaan dan Sinergi USAID SEGAR, Targetkan Kampung Lebih Sejahtera

Wabup Yohanes Avun membuka workshop perencanaan dan sinergi proyek USAID SEGAR yang diharapkan membantu proses pemetaan dan hal lainnya terkait lahan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wabup Mahulu Yohanes Avun membuka workshop perencanaan dan sinergi proyek USAID SEGAR di ruang rapat Bappelitbangda, Ujoh Bilang, Rabu (03/08/21). Hadir mendampingi  Sekda Stephanus Madang dan Asisten I Agustinus Teguh Santoso. 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs Yohanes Avun, M.Si membuka workshop perencanaan dan sinergi proyek USAID Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) tahun kedua di ruang rapat Bappelitbangda, Ujoh Bilang, Rabu (03/08/2022).

Hadir mendampingi Wabup Yohanes yakni Sekretaris Daerah Dr Stephanus Madang, S.Sos., M M.; Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan (Asisten I) drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm.Kes.; Biodeversity Conservation Lead USAID-SEGAR Darmawan Liswanto, Site Manager USAID-SEGAR Yuyun Kurniawan, Green Supply Chain Specialist Ari Wibowo, Regional Community Development Agus Irwan Wibowo.

Baca juga: Pameran HKG PKK dan BBGRM Provinsi Kaltim di Balikpapan, Produk Khas Mahulu Laku Keras

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E. melalui sambutan yang dibacakan Wabup Yohanes mengatakan, Mahulu ditetapkan sebagai salah satu dari tiga kabupaten di Kaltim menjadi lokasi pelaksanaan program USAID-SEGAR, tepatnya di desa konservasi yakni Laham dan Nyaribungan.

Ini dipertegas dengan dikeluarkannya Surat Gubernur Kalimantan Timur No. 050/047/B.EKO-BAPP/2022 tentang Pelaksanaan Proyek USAID SEGAR di kaltim.

Tentunya Pemkab Mahulu sangat mendukung kebijakan yang dilaksanakan di Mahulu ini.

Ini telah dibuktikan dikeluarkan Surat Bupati Mahakam Ulu 050/082.005/Bappelitbangda-TU.P/IV/2022 tentang Pelaksanaan Proyek USAID SEGAR di Kabupaten Mahakam Ulu.

Pemkab Mahulu, menurutnya, membuka ruang bagi mitra yang bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan target pembangunan dan visi Kabupaten Mahakam Ulu.

"Apalagi berbentuk Government to Government. Kerja sama ini harus dimanfaatkan bagi pembangunan yang mengedepankan lingkungan dan masyarakat kawasan hutan, sehingga tidak ada lagi kampung yang miskin dan tertinggal, namun dapat menjadi mandiri dan sejahtera," lanjutnya.

Baca juga: Hadiri HKG PKK dan BBGRM Provinsi Kaltim, Bupati Bonifasius Serahkan Beras Mayas kepada Wagub

Bupati berharap, OPD yang hadir dalam workshop ini benar-benar memanfaatkan program ini untuk mencapai target-target pembangunan bukan saja hanya bidang lingkungan hidup, tetapi juga terhadap aspek ekonomi dan sosial serta berprinsip hutan lestari masyarakat sejahtera.

"Proses dan implementasi harus meningkat, dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai monitoring evaluasi secara kolaboratif. Ini tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh pemerintah. Perlu sinergi antara stakeholder, masyarakat, dan pemerintah. Demikian pula sektor swasta. Diharapkan dapat menggali potensi-potensi kolaborasi dengan program SEGAR agar operasional dapat menjadi usaha yang berkelanjutan sesuai dengan arah pembangunan hijau yang kita upayakan," harap bupati.

Baca juga: Dandim Kubar Kunjungan Silaturahmi sekaligus Tinjau Lokasi, Bupati Apresiasi Rencana TMMD di Mahulu

Disampaikan Kepala Bappelitbangda Gerry Gregorius, S.E., M.Si.Ak. melalui Kepala Bidang Ekonomi, Pengembangan SDM Pemerintah dan Aparatur Linge Bahalan, S.E., sinergitas program Pemkab Mahulu dengan USAID SEGAR di antaranya pembangunan ladang 10 hektare per kampung, bantuan biaya menugal bagi masyarakat, pengembangan perkebunan kakao, penyusunan SOP rantai produksi dan penggunaan sisa dana bagi hasil dana reboisasi (DBH DR).

Untuk ladang 10 hektare, USAID SEGAR akan membantu proses pemetaan dan lain sebagainya terkait lahan.

Untuk pengembangan kakao, mereka bisa melaksanakan pendampingan karena memang konsentrasinya untuk konservasi berbasis lingkungan.

Selain itu, mereka bisa membantu dalam penyusunan rantai produksi.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved