Ekonomi dan Bisnis

BPS Mencatat Triwulan II Ekonomi Kaltim Mengalami Tren Positif

Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur atau BPS Kaltim mencatat pergerakan ekonomi Kalimantan Timur pada triwulan II.

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO
Ilustrasi foto Ibu Kota Provinsi Kaltim, Samarinda-Badan Pusat Statistik Kaltim mencatat pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltim pada triwulan ke-II mengalami tren positif dibanding triwulan I. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur atau BPS Kaltim mencatat pergerakan ekonomi Kalimantan Timur pada triwulan II 2022 menunjukan tren positif.

Pada triwulan II perekonomian Kalimantan Timur dicatat pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai Rp 230,13 triliun.

Kepala BPS Kaltim, Yusniar Yuliana memaparkan, terjadi kenaikan PDRB 3,03 persen pada triwulan II jika dibandingkan dengan PDRB triwulan I daerah Kalimantan Timur.

Laju pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur pada triwulan II ini menunjukan ada percepatan.

Baca juga: Target Pertumbuhan Ekonomi Kaltim Terus Digenjot, Sesuaikan Program Nasional hingga Kabupaten/Kota

Baca juga: Prakiraan Ekonomi Kaltim Akan Alami Pertumbuhan Tahun Ini

Baca juga: Menko Airlangga Beberkan Strategi Pemerintah dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

"Dan disampaikan ada peningkatan dengan persentase sebesar 3,03 persen jika dibandingkan pada triwulan I tahun 2022," jelas Yusniar kepada TribunKaltim.co pada Minggu (7/8/2022).

Lebih lanjut disampaikannya, PDRB Kaltim dihitung dari penyedian usaha dari sisi permintaan dan komponen pengeluaran.

Penyediaan pertumbuhan lapangan usaha mencatatkan kenaikan dari sisi administrasi pemerintahan, pertanahan, dan jaminan sosial wajib yang tumbuh sebesar 8,32 persen.

Sedangkan pada sektor transportasi dan pergudangan tumbuh sebesar 7,79 persen.

Lalu pada akomodasi dan makan minum tumbuh sebesar 4,61 persen.

Baca juga: Dampak Pembangunan IKN, Gubernur Isran Noor Optimis Ekonomi Kaltim Tumbuh 7 Persen

Sementara pada sektor pertambangan dan penggalian masih mendominasi perekonomian Kalimantan Timur, dengan mencatatkan kontribusi sebesar 53,98 persen terhadap total nilai PDRB Kaltim, pada triwulan II 2022.

Industri pengolahan 15,28 persen, lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 7,04 persen.

Apartemen yang ada di Borneo Bay City Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pertanda pertumbuhan ekonomi dan industri properti terus bergerak maju bergairah. TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
Apartemen yang ada di Borneo Bay City Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pertanda pertumbuhan ekonomi dan industri properti terus bergerak maju bergairah. (TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO)

Secara perbandingan years on years (y-o-y) lapangan usaha pertambangan dan penggalian memberikan andil positif terbesar dalam penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi sebesar 0,81 persen.

"Sementara Industri pengolahan tumbuh sebesar 0,69 persen," terangnya.

"Selain itu, NET ekspor juga merupakan sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi sebesar 2,07 persen jika dilihat dari sisi pengeluaran," sambung Yusniar. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved