Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pemkab Mahulu Sampaikan Nota Pengantar Rancangan KUPA dan PPAS Perubahan APBD 2022

Wakil Bupati Yohanes Avun menyampaikan Nota Pengantar Penjelasan Pemerintah tentang Rancangan KUPA dan PPAS Perubahan APBD Mahakam Ulu.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wakil Bupati Mahulu Yohanes Avun menghadiri dan menyampaikan Nota Pengantar Penjelasan Pemerintah tentang Rancangan KUPA dan PPAS Perubahan APBD Kabupaten Mahulu Tahun 2022 di ruang rapat Bappelitbangda, Jumat (29/7/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Mewakili Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., Wakil Bupati Mahulu Drs Yohanes Avun, M.Si. menyampaikan Nota Pengantar Penjelasan Pemerintah tentang Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kabupaten Mahulu Tahun 2022 di ruang rapat Bappelitbangda, Jumat (29/7/2022).

Rapat paripurna ke-9 masa sidang II Tahun 2022 dipimpin oleh Wakil Ketua I Tiopilus Hanye, S.AB., M.Si., dan diikuti sejumlah anggota DPRD Mahulu.

Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm,Kes, Kepala BPKAD Yohanes Andi Abeh, S.Sos., M.Si, dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Mahulu.

Baca juga: Wabup Buka Sosialisasi P3DN di Lingkup Pemkab Mahulu, Ajak Pelaku Usaha Lokal Tingkatkan Produksi

Saat memyampaikan nota pengantar tersebut Wabup Yohanes Avun menjelaskan beberapa hal yang menjadi dasar dilakukannya perubahan pada APBD Kabupaten Mahulu 2022.

Di antaranya adalah perubahan dan penyesuaian dari pendapatan.

Selain itu ada beberapa program/kegiatan yang harus dilakukan pergeseran matabelanja untuk melakukan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran, sehingga dapat membantu menutupi defisit pada APBD Perubahan Tahun 2022.

Sedangkan dari sisi belanja lainnya, pada Perubahan APBD Kabupaten Mahakam Ulu Tahun 2022, terdapat anggaran yang harus "dialokasikan" oleh Pemkab Mahulu, tetapi belum diakomodasi pada APBD Murni Tahun 2022.

Baca juga: Perjuangkan Percepatan Penyediaan Sarana Air Bersih, Bupati Mahulu Audiensi dengan Balai PPW Kaltim

Sementara itu dalam pengantarnya Wakil Ketua I Tiopilus Hanye, S.AB., M.Si, beberapa ketentuan yang mendasari rapat paripurna, diatur dalam beberapa aturan, yang pada hakikatnya menyatakan kepala daerah memformulasikan, yang tidak sesuai dengan APBD ke dalam KUPA APBD, serta PPAS, berdasarkan perubahan RKPD.

Disertakan juga dengan penjelasan mengenai perbedaan asumsi, dengan kebijakan umum anggaran yang ditetapkan.

Ia menambahkan, KUPA dan PPAS dibahas bersama dan disepakati menjadi perubahan KUA dan PPAS melalui rapat paripurna.

"Menindaklanjuti amanat tersebut, pada hari ini dilaksanakan rapat paripurna dengan agenda penyampaian Nota Pengantar Penjelasan Pemerintah tentang Rancangan KUPA serta PPAS Perubahan APBD Kabupaten Mahulu 2022," tandasnya. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved