Berita Paser Terkini

Bankeu Rp 4,5 Miliar dari Pemprov Kaltim Sudah Cair, Pembangunan Wisata Terpadu Paser Bakal Dimulai

Rencana Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Paser untuk membangun wisata terpadu bakal direalisasikan tahun ini.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Lokasi wisata terpadu yang ada di Desa Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. (TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Rencana Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Paser untuk membangun wisata terpadu bakal direalisasikan tahun ini.

Tahap awal proses pembangunan wisata terpadu tersebut sudah dilakukan pematangan lahan pada 2021 lalu, dan tahun ini untuk bangunan fisiknya, yang berlokasi di Desa Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Minggu (21/8/2022).

Kepala Disporapar Paser, Muksin menyampaikan sementara ini tengah proses pelelangan yang sudah diajukan melalui barang dan jasa Pemda Paser.

"Pelelangannya agak terlambat, karena surat resmi mengenai Bankeu dari Pemprov Kaltim juga terlambat untuk pembangunan wisata terpadu yang telah direncanakan," tambahnya.

Baca juga: Kisah Ardiansyah, Puluhan Tahun Menjadi Pengrajin Sagu di Paser

Lebih lanjut dijelaskan, anggaran Bankeu dari Pemprov Kaltim dalam pembangunan wisata terpadu di Kabupaten Paser sebesar Rp4,5 miliar.

Total keseluruhan anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan wisata terpadu tersebut senilai Rp29 miliar.

"Bankeu dari Pemprov Kaltim sudah di transfer, pasti dibangun tahun ini. Sementara proses lelang dan sudah diajukan di LPSE, paling lambat minggu depan sudah selesai proses pelelangannya," jelas Muksin.

Setelah pelelangan, kemudian akan dilanjutkan dengan proses pengerjaan yang rencananya dimulai pada September 2022.

Baca juga: Cuaca Penajam Paser Utara Hari ini, Minggu 21 Agustus 2022, Berpotensi Hujan Hingga Siang Hari

Muksin berharap, agar proses pengerjaan dapat rampung sebelum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-63 Kabupaten Paser

"Pengerjaannya bulan September, kita harapkan pembangunan wisata terpadu bisa diresmikan Bupati pada saat hari jadi Kabupaten Paser pada Desember 2022," harapnya.

Dalam wisata terpadu tersebut akan dilengkapi dengan sarana prasarana, mulai dari panggung hiburan hingga pusat kuliner.

Untuk kuliner, Disporapar Paser bakal menyediakan sedikitnya 60 kontainer untuk pedagang.

Baca juga: Cuaca Kabupaten Paser Hari ini,Minggu 21 Agustus, Potensi Hujan Disertai Petir di Beberapa Kecamatan

"Ada 60 kontainer yang kita siapkan, dan itu sudah cukup menampung para pedagang. Nantinya, tidak ada lagi pedagang yang menyewa maupun memiliki lebih dari 1 kontainer," benernya.

Untuk relokasi para pedagang, rencananya bakal dilakukan sebelum maupun setelah peresmian pembangunan wisata terpadu selesai.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved