Berita Pemkab Mahakam Ulu

Aparatur Pemerintah Kampung Se-Mahulu Ikut Bimtek Implementasi Aplikasi Siskeudes dan Sipades Online

Bupati Bonifasius Belawan Geh membuka Bimbingan Teknis Aparatur Pemerintah Kampung Dalam Rangka Implementasi Aplikasi Siskeudes dan Sipades Online.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh saat membuka Bimbingan Teknis Aparatur Pemerintah Kampung Dalam Rangka Implementasi Aplikasi Siskeudes dan Sipades Online Se-Kabupaten Mahulu Tahun Anggaran 2022 di Ballroom Hotel Selyca Mulia Samarinda, Senin (22/8/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME membuka Bimbingan Teknis (bimtek) Aparatur Pemerintah Kampung Dalam Rangka Implementasi Aplikasi Siskeudes dan Sipades Online Se-Kabupaten Mahulu Tahun Anggaran 2022, Senin (22/8/2022).

Bimtek yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) di Ballroom Hotel Selyca Mulia Samarinda ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dede Waldy, S. Sos. M. Hum, dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Haloloan Manulu, BPD Kaltimtara Ujoh Bilang Gunawan Wahyu Hidayat dan Jhosua Arung Batoteng, serta Tenaga Teknis P2KM Gerbangmas Mahulu, Kadis DPMK Damianus Tamha SE.

Baca juga: Sukses Kelola 10 Hektare Lahan Wujudkan Swasembada Pangan, Bupati Mahulu Siapkan Reward bagi Kampung

Pembukaan bimtek ditandai dengan penyerahan tanda pengenal dan tas peserta secara simbolis kepada peserta oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H.,M.E, yang didampingi Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, S.E., M.B.A. , Sekretaris Daerah Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,M.M. dan Kepala DPMK Mahulu Damianus Tamha, SE.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, ada dua kegiatan penting yang dilaksanakan.

Pertama, pembelajaran dalam bentuk bimtek yang bertujuan memperoleh pencerahan tentang sistem keuangan desa.

"Peserta akan mengikuti pembelajaran tentang sistem keuangan dan aset kampung. Bimtek mulai hari ini sampai Rabu, 24 Agustus 2022,"ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, bimtek tentang sistem keuangan dan sistem asset akan dipandu oleh pemateri dari Kemendagri dan BPKP Kaltim.

"BPKP yang berperan dalam pendampingan penyelenggaraan pemerintahan kampung di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Mahulu," kata Bupati.

Di akhir, bupati berpesan agar para peserta mengikuti bimtek ini dengan baik dan setelah pulang ke kampung masing-masing langsung diimplementasikan.

Baca juga: Bupati Mahulu Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-77 RI, Momen Pulih dan Bangkit Membangun Daerah

Sementara itu dalam laporannya Kepala DPMK Damianus Tamha, menyampaikan bimtek ini untuk meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah kampung, melalui tugas dan fungsinya, dalam rangka implementasi aplikasi siskeudes dan aplikasi Sipades Online, dalam penyelenggaraan pemerintah kampung.

Bimtek juga dirangkai dengan Studi Tiru Pengelolaan BUMK, Desa Kukuh Kabupaten Tabanan Bali dengan menghadirkan pengurus desa.

Turut hadir Inspektur Inspektorat Mahulu Budi Gunarjo Ompusunggu, SE.,AK.,MM.,Ca.,AAP, CFrA, Kepala Bappelitbangda Gerry Gregorius, SE., M.Si,AK, Kepala BPKAD Yohanes Andi Abeh,S.Sos.,M.Si, para Camat se-Kabupten Mahulu. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved