Berita Nasional Terkini

Anies Baswedan Diperiksa KPK Soal Formula E, Rocky Gerung: Upaya Membatalkan Anies jadi Capres 2024

Rocky Gerung mengaku bahwa pemeriksaan Anies Baswedan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyelenggaraan Formula E tidak mengejutkan

Penulis: Justina | Editor: Justina
Kolase YouTube Indonesia Lawyers Club/Wartakota
Rocky Gerung blak-blakan soal pemeriksaan Anies Baswedan oleh KPK terkait penyelenggaraan Formula E. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pengamat Politik Rocky Gerung mengaku bahwa pemeriksaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyelenggaraan Formula E tidak mengejutkan.

Menurut Rocky Gerung, surat perintah penyidikan (Sprindik) untuk Anies Baswedan bahkan sudah lama diteken dan tinggal menunggu momentum yang pas.

Kendati demikian, Rocky Gerung tidak menampik kalau ini justru membuat Anies Baswedan lega untuk menuju Pilpres 2024.

"Karena dia tahu bahwa dia pasti dihalangi, jadi dia mesti mulai dengan pikiran bahwa ke 2024 halangan pasti ada tuh, mungkin mulai besok, setiap minggu akan dipanggil Anies," kata Rocky Gerung dikutip dari kanal YouTube pribadinya (Rocky Gerung Official), Rabu (7/9/2022).

"Walaupun diujungnya mungkin ya gak terbukti. Tapi, dia akan diganggu aja. Jadi, soal-soal semacam itu kan soal-soal mungkin mal administrasi di dalam soal Formula E. Tetapi, hal-hal yang remeh temeh ini pasti diberikan, distempelkan pada Anies sebagai upaya untuk membatalkan pencalonanya," sambungnya.

Baca juga: Sorot Pertemuan Prabowo dan Puan Maharani, Rocky Gerung: PDIP Ngecek ke Prabowo Soal Restu Jokowi

Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa di atas kertas, kekuasaan memang tidak menghendaki Anies Baswedan untuk maju jadi calon presiden 2024.

Tetapi, ini juga hal yang bagus untuk diketahui dari sekarang.

Dengan kondisi seperti itu, Rocky Gerung menilai kalau Anies Baswedan harus bersiap-siap untuk masuk wilayah oposisi di pemerintahan.

"Nggak usah lagi dia berpikir-pikir bahwa 'Ya ini masih bisa' dari awal pasti dia disingkirkan di situ tuh," beber Rocky Gerung.

Baca juga: Sebut Kenaikan Harga BBM Kacau, Rocky Gerung: Orang Makin Lihat, Mereka Ditipu Dua Kali Soal BBM

Untuk itu, Rocky Gerung berpadangan bahwa partai yang sudah mengusulkan Anies Baswedan jadi presiden seperti, PKS, Nasdem harus berpikir di luar kerangka Pilpres 2024.

Alasannya adalah, potensi Anies Baswedan menang di Pilpres 2024.

Lebih lanjut, Rocky Gerung menyebutkan, Anies Baswedan adalah figur Capres yang dekat dengan partai-partai yang bernuansa keislaman.

Baca juga: Harga BBM Pertalite Dikabarkan Naik pada September 2022, Rocky Gerung: Jokowi Terombang-ambing Lagi

Sehingga dimungkinkan PAN dan PPP lebih nyaman karena Anies-Baswedan seolah-olah sebagai captive market mereka.

"Dan Anies merasa bahwa 'Ok itu captive market dia'. Tetapi, dia mesti perlu memperluas dukungan itu supaya sifat nasionalnya dapat. Nah, ini juga yang dibayangkan istana, sehingga Anies mesti dikerjain itu," ujar Rocky Gerung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved