Berita DPRD Kukar

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid Dukung Perlindungan Pesut Mahakam

Ketua DPRD Kutai Kartanegara, Abdul Rasid, menyambut baik kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam melindungi pesut mahakam

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara, Abdul Rasid.TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG- Ketua DPRD Kutai Kartanegara, Abdul Rasid, menyambut baik kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam melindungi Pesut Mahakam.

Diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI telah menetapkan kawasan konservasi perairan mahakam wilayah hulu Kabupaten Kutai Kartanegara pada 8 Agustus 2022.

Hal ini sebagai upaya menjaga dan melestarikan habitat satwa yang dilindungi, yakni pesut mahakam.

Dalam surat keputusan tersebut, menjelaskan tentang taman di perairan mahakam wilayah hulu Kukar seluas 42.677,99 hektar.

Terbagi menjadi tiga zona yaitu zona inti, zona pemanfaatan terbatas dan zona lain sesuai peruntukan kawasan.

Baca juga: Minta Serapan Anggaran Maksimal, Wakil Ketua DPRD Kukar: Jangan Ada Proyek Mangkrak

Baca juga: Selesaikan Masalah, BK DPRD Kukar Konsultasi ke Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI

Baca juga: DPRD Kukar Minta BLT BBM Tepat Sasaran, Alif Turiadi: Jangan Asal Comot Data

"Keputusan kementerian ini, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik dalam menjaga satwa di sungai mahakam,” ujarnya, Minggu (11/9/2022).

Sebagaimana diketahui, mamalia air tawar yang menjadi ikon Kalimantan Timur ini hanya dapat ditemukan di wilayah hulu Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hewan ini juga berstatus terancam punah, bahkan populasinya di bawah angka 100. Oleh karenanya, seluruh elemen masyarakat diminta berpartisipasi menjaga dari kepunahan.

Masyarakat juga diminta turut andil dalam mencegah upaya orang tak bertanggung jawab, seperti menyetrum atau menaburkan racun di sungai.

Baca juga: Mahasiswa Tolak Kenaikan Harga BBM, DPRD Kukar Bersurat ke Senayan

Rasid berharap, pihak swasta atau perusahaan yang menggunakan akses sungai mahakam bisa menjaga kawasan konservasi tersebut.

“Bila perlu harus dilibatkan dalam menjaga sungai biar terjaga dan terawat. Saya sering sampaikan, hal-hal seperti ini harus menjadi komitmen kita bersama,” tandasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved