Berita Kukar Terkini

126 Ribu Warga Masuk DPT, Wabup Kukar: Partisipasi Pilkades Serentak di Kukar Tinggi

Jajaran petinggi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara meninjau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di sejumlah wilayah.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
HO
Wakil Bupati Rendi Solihin saat meninjau TPS Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Rabu (14/9/2022). (HO) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Jajaran petinggi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara meninjau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di sejumlah wilayah.

Monitoring tersebut dilakukan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, di tiga wilayah. Yakni, Kecamatan Tenggarong, Sebulu dan Muara Kaman.

Tinjauan Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin di wilayah Tenggarong Seberang dan Loa Kulu. Sedangkan, Sekda Kukar Sunggono di wilayah Muara Badak dan Marangkayu.

"Saya rasa pelaksanaan Pilkades 2022 di Kukar cukup tenang dan kondusif. Euforia partisipasi pemilih juga luar biasa, ada di 80 persen," kata Rendi Solihin saat meninjau TPS Desa Jembayan Tengah, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Mulai Oktober 2022, Warga Kukar Terdampak Kenaikan BBM Dapat Bantuan, Pemkab Gelontorkan Rp 42 M

Diketahui, ada 126 ribu warga yang masuk ke dalam jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dan terlibat langsung dalam pemilihan Pilkades serentak.

Euforia atas pesta demokrasi ini memang terasa lebih meriah jika dibandingkan pada beberapa pemilihan sebelumnya.

Seperti pemilihan bupati (Pilbup), pemilihan gubernur (Pilgub), pemilihan legislatif (Pileg), maupun pemilihan presiden (Pilpres).

Baca juga: KONI Kukar Klaim 1400 Atlet Siap Bertarung Porprov Kaltim di Berau

Dengan tingginya partisipasi pemilih, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin berharap masyarakat dan calon kepala desa bisa menjaga kondusifitas di hari pemungutan suara.

"Mudahan semua wilayah kondisinya sama, tingkat partisipasi tinggi, pengguna suara menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan kondusifitas terjaga," harapnya.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa di Kabupaten Kukar ini digelar pada 14 September 2022.

Baca juga: Ketua DPRD Kukar Tinjau Pilkades Serentak, Abdul Rasid: Pemungutan Suara Berjalan Lancar

Pilkades serentak 2022, diikuti sebanyak 86 desa yang tersebar di 16 Kecamatan, dengan jumlah 303 orang calon kepala desa.

Mereka semua akan memperebutkan kursi pemerintahan tertinggi di desa masing-masing selama enam tahun atau masa periode jabatan 2022-2028. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved